Banyak Anak Kecanduan, China Perketat Aturan Bermain Game

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Game bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tapi, game juga bisa membuat ketagihan. Di China, mereka mempunyai cara baru untuk meminimalisir kecanduan game, terutama pada anak-anak. China memperketat aturan baru mereka. Menurut aturan baru, anak-anak di bawah usia 18 tahun tidak lagi bisa bermain game lebih dari 3 jam seminggu, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo.

Selain itu, juga akan ada waktu yang ditentukan untuk mengizinkan mereka bermain yakni pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sebelum itu, aturannya sedikit lebih santai. Anak di bawah 18 tahun dapat bermain game selama 1,5 jam sehari hampir setiap harinya. Namun, pemerintah mengklaim, untuk menjaga kesehatan mental dan fisik anak-anak, mereka memutuskan memperketat aturan.

China memiliki aturan yang cukup ketat dan sistem yang benar-benar dapat melakukan ini. Karena, pengguna perlu menggunakan kartu ID nasional untuk memverifikasi diri mereka sendiri. Sistem permainan biasanya tahu kapan pengguna di bawah umur mencoba bermain melewati jam malam mereka.

BACA JUGA : 5 Mahasiswa UB Olah Porang Jadi Biskuit Antimual untuk Ibu Hamil

Baru-baru ini, perusahaan seperti Tencent bahkan telah menggunakan pengenalan wajah untuk memastikan bahwa anak-anak tidak bermain melewati jam malam mereka.


(ADI)

Berita Terkait