5 Mahasiswa UB Olah Porang Jadi Biskuit Antimual untuk Ibu Hamil

ilustrasi tanaman porang (Foto / Istimewa) ilustrasi tanaman porang (Foto / Istimewa)

MALANG : Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) sukses mengolah porang menjadi biskuit antimual untuk ibu hamil. Bahkan, produk dengan nama Amora Pregnancy Biskuit itu sudah diakui hingga memperoleh medali perak di ajang internasional Korean International Women's Invention Exposition (KIWIE) 2021.

Kelima mahasiswa UB yang sukses berinovasi tersebut yakni M Ahmad Talkhis, Nabilla Alya Anastasya, Farida Lutfiya Azizah, Fatih Meru Samudera, dan Vio Awan Nur Hidayat. Porang atau dengan Amorphophallus muelleri merupakan salah satu komoditas pertanian dengan kadar glukomanan tinggi. Glukomanan merupakan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengurangi stres, rasa kenyang dan memperlambat pengosongan perut sehingga cocok dijadikan sebagai produk pangan sehat seperti biskuit.

"Pemanfaatan porang di Indonesia dalam produk pangan masih terbilang sangat minim. Selain itu, pasar porang masih didominasi untuk kebutuhan ekspor," kata Ahmad Talkhis, Rabu 1 September 2021.

BACA JUGA : Mahasiswa UMM Ciptakan E-Rice Detector untuk Bantu Petani, Begini Cara Kerjanya

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengolah porang menjadi produk pangan sehat yang memiliki nilai jual seperti biskuit sehat bagi ibu hamil. "Kandungan senyawa polisakarida pada Amora Pregnancy Biscuit digunakan sebagai sumber energi jangka menengah dan panjang. Biskuit itu dapat membantu ibu hamil agar kenyang lebih lama dan menekan asam lambung yang dapat mengurangi mual dan muntah agar tidak terjadi hiperemesis gravidarum," ujarnya.

Mengonsumsi olahan ini ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi yang membahayakan ibu dan janin. Produk tersebut juga diharapkan dapat menjadi pencerah bagi petani untuk menanam porang. "Permintaan bahan dasar porang yang tinggi dapat meningkatkan peluang nilai jual porang, sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani," katanya.

Olahan biskuit ibu hamil dari bahan porang ini mulai dipasarkan ke publik dengan dibanderol harga Rp20 ribu. Tertarik membeli? bisa langsung memesannya di media sosial Amora Pregnancy Biscuit dan akun e-commerce-nya.


(ADI)

Berita Terkait