Situs Pemeringkat Alexa.com Bakal Ditutup Mulai 1 Mei 2022

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Amazon berencana tutup situs pemeringkat web Alexa.com mulai 1 Mei 2022. Keputusan untuk menutup situs Alexa.com tampaknya dikarenakan lalu lintas organik Alexa.com dilaporkan terus menurun.

"25 tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Selama lebih dari dua dekade Alexa membantu Anda menemukan, mendapatkan, dan mengubah audiens digital Anda. Kami akan menghentikan layanan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan layanan kami sebagai tempat meriset konten, melakukan analisis, meneliti keyword, dan masih banyak lagi," demikian keterangan resmi dari situs Alexa.com.

Pengumuman serupa juga ada di laman resmi Amazon. ”Saat ini kami harus membuat keputusan sulit, yakni menghentikan Alexa.com,” tulis Amazon.

Baca Juga : Backpacker Sendirian? No Worry, Simak Tipsnya!

Selama ini Alexa.com merupakan anak perusahaan Amazon. Alexa juga banyak digunakan oleh berbagai media, perusahaan, dan lainnya untuk mengetahui peringkat aset digital mereka di internet. Selain memberikan sistem peringkat situs web global, Alexa juga menawarkan rangkaian lengkap alat analisis Search Engine Optimization (SEO) dengan layanan berbayar.

Pengguna layanan Alexa.com juga sudah tidak bisa lagi berlangganan situs tersebut, sebab layanan berbayar mereka sudah ditutup sejak 8 Desember 2021.

 


(ADI)

Berita Terkait