Rumah Terbakar Usai Tuang Pertalite ke Botol, Cucu Tersulut Api

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

MOJOKERTO : Sebuah rumah usaha yang terletak di Dusun Jatiombo, Desa Baureno, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto terbakar saat pemilik sedang mengemas Bahan Bakar Minyak (BBM). Akibatnya, pemilik tempat usaha dan sang cucu menjadi korban. Kebakaran yang terjadi pada, Selasa 11 April 2023 sekira pukul 16.00 tersebut terjadi di rumah Sukri (65).

Saat itu, pemilik sedang mengemas BBM jenis pertalite ke botol bekas kemasan botol bekas air mineral. Namun pertalite tersebut tersulut api yang berasal dari kompor yang berada di dekat pemilik. Akibat sambaran api tersebut langsung membakar warung sekaligus kios sembako dan rumah milik korban.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami luka diduga dari api yang menyambar BBM yang dikemas tersebut. Tak hanya membuat korban mengalami luka bakar, api juga membakar tubuh cucu korban. Kedua korban langsung dievakuasi ke RSI Sakinah di Kecamatan Sooko, sementara perangkat desa menghubungi pihak kepolisian dan petugas dari Pemadam Kebakaran (PMK).

Petugas PMK dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Kasi Humas Polres Mojokerto, Iptu Tri Hidayati mengatakan, kebakaran berawal ketika korban sedang mengemas BBM jenis Pertalite ke botol bekas air mineral.

baca juga : Tabung Elpiji di Kios Martabak Mojokerto Meledak, 2 Karyawan Luka Bakar Serius

“Tiba-tiba tersulut api dari kompor yang ada di dekat korban, api menyebar ke seluruh bagian rumah,” ungkapnya.

Akibat kejadian tersebut, masih kata Kasi Humas, korban dan sang cucu mengalami luka bakar. Korban mengalami luka di bagian punggung, kedua tangan, wajah dan kaki kurang lebih 50 persen, sementara sang cucu mengalami luka bakar sekitar 30 persen.

“Kebakaran menyebabkan seluruh bagian rumah berukuran 6×10 meter dan isinya luder terbakar. Di dalam rumah juga terdapat uang tunai Rp50 juga ikut terbakar. Petugas PMK baru berhasil memadamkan api sekira pukul 17.15 WIB. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian sekira Rp160 juta,” jelasnya.


(ADI)

Berita Terkait