Catat! Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Biasakan seluruh keluarga untuk merapikan tidur setelah bangun.  Foto: Shutterstock Biasakan seluruh keluarga untuk merapikan tidur setelah bangun. Foto: Shutterstock

JAKARTA: Semua orang menginginkan rumah yang bersih dan rapi. Namun, menjaga rumah agar tetap bersih bukanlah pekerjaan yang mudah.

Rasanya tidak nyaman kalau melihat kondisi rumah berantakan. Rumah yang terlihat berantakan akan membuat kita merasa marah dan frustasi.

Lalu, bagaimana agar rumah terlihat bersih dan rapi selalu? Dilansir dari Medcom.id, berikut kebiasaan membersihkan rumah yang bisa Anda terapkan:

1. Rapikan tempat tidur

Biasakan seluruh keluarga untuk merapikan tidur setelah bangun. Meski terkesan sepele, namun mengawali hari dengan rapi membuat Anda lebih bersemangat.

2. Bersihkan dapur setelah memasak

Setelah memasak, dapur biasanya sangat berantakan terutama cucian piring yang menumpuk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapur tetap bersih.

Anda bisa membersihkan bekas memasak atau piring kotor saat menunggu masakan matang atau setelah selesai memasak Anda langsung membersihkan peralatan masak.

BACA: Simple! Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Usus saat Bepergian

3. Bersih-bersih sebelum tidur

Anda bisa melibatkan seluruh penghuni rumah untuk merapikan rumah. Pada malam hari ajak anggota keluarga untuk membereskan rumah.

Misalnya merapikan bekas mainan, mencuci piring setelah makan malam, melipat baju yang sudah dicuci, merapikan kembali meja atau kursi yang sudah digunakan.

Meski kegiatan ini sangat sederhana, namun dengan mengajak seluruh keluarga kegiatan membersihkan rumah terasa lebih ringan.

4. Gunakan one touch method

Dengan metode tersebut, setiap Anda menggunakan atau menyentuh suatu barang maka harus langsung di tempat semula atau dibersihkan kembali tanpa menundanya.

Cara ini lebih mudah untuk menjaga kerapian rumah. Setiap orang bertanggung jawab untuk kebersihan dan kerapihan rumah.

5. Declutter

Rumah yang terlihat selalu berantakan bisa jadi karena terlalu banyak barang-barang. Padahal bisa jadi barang tersebut tidak dipakai atau digunakan setiap hari.

Declutter dilakukan dengan menyusun atau menyimpan barang ke dalam laci atau tempat penyimpanan lainnya agar barang-barang tidak berceceran di mana-mana.


(UWA)

Berita Terkait