Hore, 7 Destinasi Wisata di Malang Segera Dibuka

Salah satu destinasi wisata di Malang yang akan segera dibuka (Foto / Metro TV) Salah satu destinasi wisata di Malang yang akan segera dibuka (Foto / Metro TV)

MALANG : Tujuh destinasi wisata di Kabupaten Malang segera beroperasi. Pembukaan objek wisata ini dilakukan seiring penurunan PPKM ke level 2. Meski demikian, pengunjung akan dibatasi dan juga penerapan protokol kesehatan ketat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan, ketujuh tempat wisata yang bakal dibuka yakni Lembah Indah Malang di Kecamatan Ngajum, Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur, Sanankerto di Kecamatan Turen, dan Wisata Bendungan Selorejo di Kecamatan Ngantang. Kemudian ada Desa Wisata Pujon Kidul, Coban Rondo, dan Wisata Flora Santera yang terletak di Kecamatan Pujon.

"Uji coba tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Ada beberapa persyaratan," ujarnya.

Dia menjelaskan, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut di antaranya dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk para wisatawan yang akan masuk ke kawasan wisata. Selain itu, destinasi wisata juga harus menerapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE) pada saat beroperasi. CHSE merupakan protokol standar yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

BACA JUGA : Warganet Heboh, Tanaman Monstera Variegata Laku Rp225 Juta

Protokol CHSE merupakan standar wisata yang berbasis kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan. Protokol tersebut harus diterapkan oleh pengelola destinasi wisata yang akan beroperasi pada masa pandemi covid-19. "CHSE merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Kemudian juga menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Rencana uji coba minggu ini," ujarnya.

Diketahui, dua wilayah di Malang Raya yakni Kota Batu dan Kota Malang, telah melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata. Sementara di Kabupaten Malang masih belum melakukan uji coba operasional destinasi wisata. Di Kota Batu, ada dua destinasi wisata yang melakukan uji coba operasional yakni Jatim Park 2 atau yang dikenal dengan Batu Secret Zoo dan Taman Rekreasi Selecta.

Sementara di Kota Malang, uji coba akan dilakukan di Wisata Hawai Group. Saat ini wilayah Kabupaten Malang sudah dinyatakan masuk level 2 PPKM. Pada level 2 PPKM, tempat wisata sudah diperbolehkan untuk beroperasi dengan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari total kapasitas.

 


(ADI)

Berita Terkait