Warganet Heboh, Tanaman Monstera Variegata Laku Rp225 Juta

The Monstera Variegata salah satu tamanan hias yang harganya selangit (Foto / istimewa) The Monstera Variegata salah satu tamanan hias yang harganya selangit (Foto / istimewa)

SURABAYA : Selalu ada hal menarik yang bisa dibagikan masyarakat di media sosial. Salah satunya mengenai kisah viral seorang warga yang menjual tanaman dengan harga fantastis. Viral video seorang warga yang menjual dua tanaman hias dengan harga fantastis. Video itu diunggah oleh pemilik akun TikTok @kipllivariasi dan sudah ditonton oleh 700 ribu pengguna dalam dua hari ini.

Tanaman yang dibeli merupakan tanaman The Monstera Variegata yang diketahui mempunyai tinggi sekitar 2 meter. Pada unggahan tersebut, terlihat foto, video, dan kwitansi pembayaran atas nama usaha Sri Rejeki Sekar Kedaton Solo. Dalam kwitansi pembayaran itu tertulis pembelian tanaman hias dilakukan pada Jumat 10 September 2021 dengan harga Rp225 juta.

Pemilik akun mengatakan, tanaman tersebut merupakan milik tetangganya di Tawangmangu. Dua tanaman itu awalnya dibeli dengan harga masing-masing Rp700.000 dan Rp800.000. Diketahui, butuh waktu sekitar 3 tahun untuk merawat tanaman itu dari kecil hingga bisa tumbuh besar dengan tinggi mencapai 2 meter.

BACA JUGA : Biar Makin Kinclong, Ini Cara Merawat Janda Bolong

"Itu yang punya beli bibitnya cuma Rp700 ribu sama Rp800 ribu kak. Dua itu totalnya Rp1,5 juta. Tapi sudah dirawat lumayan lama sekitar 3 tahunan. Lumayan susah ngerawatnya," kata Kipli pemilik akun.

Sebelumnya juga sudah banyak kolektor tanaman hias yang menawar tanaman Monstera tersebut, mulai dari harga Rp100 juta hingga Rp180 juta. Tetapi, oleh pemilik tanaman belum juga diberikan. Hingga akhirnya, dia melepasnya dengan harga Rp225 juta berikut dengan bonus tanaman lainnya.

"Itu juga udah banyak yang nawar kak. Mulai dari Rp100 sampai Rp180 jutaan. Nah Bu Sri nawar paling tinggi, Rp225 juta tapi ada bonusnya," katanya.

Tanaman hias itu dibungkus oleh penjual dengan menutup daun-daunnya agar tidak rusak di dalam perjalanan yang dibawa menggunakan mobil bak terbuka. Video tersebut pun dibanjiri beragam komentar warganet. Beberapa warganet heran dengan tanaman yang dibanderol harga semahal itu.

"Bunga itu kegunaannya apa sih kok bisa beli semahal itu," tanya warganet. "Wajarlah mahal, Monstera king jenis Variegata dan sudah besar lagi, itu lama banget prosesnya baru bisa besar kek gitu," kata warganet.

"Bagi yang bukan pencinta tanaman ini nggak masuk akal, tapi ini kenyataan. Tanaman juga bisa buat investasi, di Solo siapa yang nggak kenal Bunda Sri," tulis warganet. "Di kampung saya tumbuhan itu tumbuh liar di pinggir sungai," kata warganet. "Jenis ini emang mahal tuan dan nyonya netijen. Jangan bilang di kampungku banyak banget. Lihat lagi iya apa enggak," timpal warganet lainnya.

 


(ADI)

Berita Terkait