Bahan Makanan yang Tidak Dianjurkan di Simpan Dalam Kulkas

Bahan makanan yang tidak dianjurkan di simpan dalam kulkas (Foto: Pexels.com) Bahan makanan yang tidak dianjurkan di simpan dalam kulkas (Foto: Pexels.com)

Clicks: Pada zaman dahulu, sebelum lemari es atau kulkas ditemukan, orang-orang akan memanfaatkan salju untuk mengawetkan bahan makanannya. Hal ini kerap dilakukan karena suhu yang dingin membuat bakteri sulit untuk berkembang biak sehingga makanan tidak cepat basi.

Dengan berkembangnya zaman, ditemukanlah suatu teknologi mesin pendingin yang kita kenal sebagai kulkas atau lemari es. Kulkas berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus mendinginkan atau membekukan makanan dan minuman. Tak hanya bahan makanan saja, sisa makanan juga seringkali kita simpan dalam kulkas untuk dimakan keesokan harinya.

Namun, tahukah Anda bahwa beberapa jenis bahan makanan justru tidak dianjurkan untuk di simpan dalam kulkas karena bisa merusak kualitas dari bahan makanan tersebut? Dilansir dari situs Food Network, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas:

1. Melon

Simpan melon dalam keadaan utuh di atas meja dapur Anda untuk mendapatkan rasa terbaik. Penelitian USDA menemukan bahwa penyimpanan pada suhu ruangan dapat membantu menjaga kandungan antioksidan pada melon. Tetapi, apabila sudah dipotong, simpan melon di lemari es selama tiga sampai empat hari.

2. Kentang

Suhu yang dingin akan menghancurkan kandungan pati dalam kentang, membuat rasanya menjadi manis dan berpasir. Tempat yang sejuk dan gelap menjadi tempat terbaik kentang untuk disimpan.

3. Madu

Madu akan terkristalisasi dan mengental dalam suhu yang dingin. Suhu ruangan merupakan suhu ideal untuk menjaga pemanis alami ini tetap memiliki tekstur yang lengket.

4. Kopi

Kelembaban di lemari es dapat menyebabkan penumpukan kondensasi encer yang tidak baik untuk rasa kopi bubuk maupun biji kopi utuh. Lebih baik, simpan kopi Anda dalam wadah kedap udara di dapur.

5. Tomat

Suhu dingin yang dihasilkan lemari es akan membuat tomat menjadi kusam. Simpan tomat yang matang di meja dan untuk yang kurang matang letakkan saja di ambang jendela. Jika tomat mulai terlalu matang, inilah saatnya membuat selai tomat atau tomat panggang.

6. Bawang bombai

Bawang bombai yang belum dipotong lebih baik dijauhkan dari suhu yang dingin. Kelembaban lemari es membuat bawang bombai berjamur dan lembek. Hindari untuk langsung terkena sinar matahari dan sekalinya sudah terpotong, letakkan ke dalam wadah yang dapat ditutup kembali di laci sayuran.

7. Bawang putih

Simpan bawang putih dalam wadah yang sejuk, kering dan berventilasi untuk mempertahankan rasanya yang kuat. Apabila bagian “kepala” bawang putih sudah terbuka, gunakanlah bawang dalam 10 hari.

8. Saus Pedas

Tidak perlu menyimpan saus pedas di lemari es. Terdapat banyak kandungan cuka di dalam saus untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan rasa pedas dari paprika juga akan lebih tahan lama di suhu ruangan.

9. Selai cokelat-huzelnut

Kondimen yang sangat disukai ini lebih mudah dioleskan apabila disimpan di luar lemari es. Selain itu, rasa cokelat yang khas akan lebih pekat jika tidak didinginkan.

10. Roti

Roti yang diletakkan dalam lemari es memang bisa menghambat pertumbuhan jamur, tetapi disaat bersamaan juga membuat roti menjadi kering. Jadi, letakkan saja roti diatas meja dan apabila Anda memiliki stok roti berlebih, sebaiknya simpan saja di freezer dan panggang sesuai kebutuhan.

11. Kacang

Suhu yang dingin dapat membantu mencegah minyak alami pada kacang menjadi tengik. Kacang yang dikupas juga bisa menyerap bau lain yang mengintai di dalam lemari es. Oleh karena itu, lebih baik simpan kacang dalam wadah kedap udara di dapur. Jika Anda menyimpang kacang dalam jumlah yang besar di lemari es, panggang kacang dengan wajan kering sebelum dimakan atau digunakan.

12. Apel

Apel yang baru dipetik akan terlihat bagus dan cantik ketika diletakkan di meja Anda. Apabila apel selama satu atau dua minggu tidak dimakan, untuk membuatnya bertahan sedikit lama, dinginkan dalam lemari es.

13. Alpukat

Tekstur creamy dari alpukat ini paling enak dinikmati pada suhu ruangan. Jika Anda memiliki banyak alpukat yang sudah matang dan tidak digunakan dalam jangka waktu yang dekat, buah ini dapat ditempatkan di lemari es agar tetap baik selama beberapa hari kedepan.

14. Buah berbiji

Biarkan buah berbiji seperti persik, aprikot, nektarin, dan plum matang pada suhu ruangan. Jika Anda tidak bisa langsung melahapnya, letakkan di dalam keranjang buah di lemari es selama beberapa hari.

15. Beri

Beri segar yang berasal dari perkebunan lokal memiliki rasa yang sungguh lezat pada suhu ruangan, jadi semakin cepat dimakan akan semakin baik. Untuk penyimpanan yang lebih lama, simpan beri di dalam kulkas demi menghindari terbentuknya jamur. Jangan lupa untuk membilas beri sebelum dimakan.

 

 

 

 


(SYI)

Berita Terkait