Inovatif, Pelajar Ini Bangun Mobil Listrik dari Daur Ulang Sampah dan Bulu Kuda

Penampakan Luca, mobil listrik dari daur ulang sampah (Foto / Istimewa) Penampakan Luca, mobil listrik dari daur ulang sampah (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Sekelompok pelajar dari Belanda berhasil menciptakan mobil listrik yang benar-benar ramah lingkungan. Selain minim emisi gas karbon, mobil ini juga dibuat menggunakan material daur ulang. Dilansir dari CBC, Minggu 8 Mei 2022, kelompok pelajar yang terdiri dari 22 orang ini memanfaatkan material mulai dari sampah botol yang diambil dari laut, hingga sampah rumah tangga.

Tidak hanya itu, dimanfaatkan juga sampah kelapa dan bulu kuda serta sampah plastik keras yang biasa ditemukan pada televisi, mainan, dan peralatan dapur. "Mobil ini benar-benar istimewa. Sasis kami terbuat dari rami dan botol polyethylene terephthalate daur ulang. Untuk interior kami juga menggunakan limbah rumah tangga," kata manajer proyek Lisa van Etten.

Tidak semua material yang digunakan berasal dari sampah. Ada beberapa bagian yang masih menggunakan material konvensional, termasuk bagian mesin. "Mesinnya dibeli, karena kami tidak punya sumber daya untuk mengembangkan motor sendiri. Tapi Kami sangat berharap perusahaan mobil akan mulai menggunakan bahan limbah," katanya.

Baca juga : Setir Bergetar saat Direm, Ini Penyebabnya

Untuk diketahui, mobil bermaterial sampah daur ulang ini hadir dengan nama Luca. Mobil ini memiliki tampilan mentereng dengan kelir kuning cerah. Luca menggunakan enam baterai modular.

Untuk performa, mobil ini mampu mencapai kecepatan hingga 90 km/jam dan memiliki jangkauan 220 kilometer dala kondisi baterai terisi penuh. Luca dikembangkan dalam waktu sekitar 18 bulan. Kehadiran mobil ini diharapkan dapat membuktikan potensi yang dimiliki sampah daur ulang.

"Semakin banyak perusahaan menggunakan limbah atau bahan berbasis bio di interior, kami ingin menunjukkan itu juga mungkin untuk membangun sasis," ujar Lisa.


(ADI)

Berita Terkait