Google Kucurkan Dana Hibah 2 Juta Dolar AS untuk Dukung Pencari Kerja Indonesia

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Google mengumumkan partner keuangan mikro baru dan hibah senilai 2 juta dolar AS kepada INCO. Tujuannya untuk mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia. Hibah, yang diberikan filantropi perusahaan Google.org akan membantu INCO melatih 10.000 orang Indonesia melalui program Google IT Support Certificate di platform pembelajaran online Coursera.

“Google IT Support Certificate adalah sertifikat karier level profesional yang paling dicari di Coursera. Program ini memberikan kemampuan siap kerja dan landasan yang bagus untuk memulai karier baru,” ujar Randy Jusuf, Managing Editor, Google Indonesia.

Dukungan Google pada INCO, kata Jusuf, akan membantu memberdayakan generasi muda agar dapat memanfaatkan banyaknya peluang kerja di perekonomian digital yang sedang tumbuh pesat ini. Sebagai penerima hibah Google.org, INCO berpartner dengan Yayasan Plan International Indonesia untuk menyediakan beasiswa IT Certificate melalui program bernama INCO Academy - Work in Tech. Mereka juga akan membantu para peserta program yang kurang beruntung untuk menyelesaikan kursus online tersebut dengan sukses.

Baca Juga : Pemprov Jatim Jalin Kerjasama Misi Dagang dan Investasi dengan Maluku

Selain itu, Google.org akan membantu memfasilitasi upaya sukarela dari karyawan Google dan menyediakan donasi non-finansial untuk membantu para peserta program saat menjalani kursus online. Google juga memberikan informasi terbaru tentang Small Business Resilience Fund yang diluncurkan pada 2020 melalui kemitraan dengan Kiva.

Dari 10 juta dolar AS modal pinjaman yang disediakan tahun lalu bagi usaha kecil di seluruh Indonesia, tahap pertama sejumlah 3,5 juta dolar AS akan diberikan kepada partner keuangan mikro Google, Komida. Kooperasi dengan 324 cabang di 13 provinsi ini memiliki spesialisasi dalam pemberian pinjaman hingga 20 juta rupiah kepada perempuan pra-sejahtera di kawasan pedesaan yang ingin memulai usaha sendiri.

 


(ADI)

Berita Terkait