Menikmati Keindahan Muara Mbaduk, Destinasi Wisata Pantai yang Viral di Banyuwangi

Keindahan Muara Mbaduk yang tengah viral di Banyuwangi (Foto / Istimewa) Keindahan Muara Mbaduk yang tengah viral di Banyuwangi (Foto / Istimewa)

BANYUWANGI : Ada banyak destinasi wisata menarik di Banyuwangi yang bisa dijelajahi wisatawan. Terutama bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang sedang viral. Bagi yang mencari tempat bersantai dan alami, Muara Mbaduk di Banyuwangi adalah tempat yang patut dikunjungi.

Muara Mbaduk adalah pantai di daerah Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Meru Betiri. Berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Muara ini terletak tak jauh dari Pantai Rajegwesi dan Pantai Teluk Ijo yang cukup terkenal di Banyuwangi. Tepatnya di muara Sungai Buyuk, yaitu sungai yang melintasi Desa Sarongan dan Desa Kandangan. Karena terletak di muara, maka kawasan wisata ini pun disebut Muara Mbaduk.

Pada masa penjajahan Belanda, Muara Mbaduk atau sering juga disebut Pantai Mumba sempat digunakan sebagai landasan pesawat terbang. Karena sejarah itu, kini Muara Mbaduk termasuk aset milik TNI Angkatan Udara berada di bawah Komando Operasi Angkatan Udara II Lanud Abdul Rachman Saleh.

Baca Juga : Hore, 7 Destinasi Wisata di Malang Segera Dibuka

Baru saja viral dan mulai ramai dikunjungi, Muara Mbaduk masih belum memiliki fasilitas yang sekelas destinasi wisata lainnya. Bahkan, belum memiliki sistem tiket masuk dan lahan parkir yang dibuka secara khusus. "Keindahan Muara Mbaduk bertemunya air sungai dengan air laut menyatu ke luas Samudera. menjadi primadona tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung," tulis Instagram @visitbanyuwangi dikutip Minggu 19 September 2021.

Walaupun tak banyak fasilitas, tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Beberapa tempatnya masih asri dan alami, sehingga banyak digunakan untuk berkemah duduk-duduk menikmati suara deburan ombak. Tak punya alat kemah? Tak perlu khawatir.

Beberapa penduduk setempat sudah membuka usaha kecil-kecilan dan menyewakan berbagai macam alat kemah, seperti tenda dan kompor. Dengan harga yang beragam, berwisata dan bermalam di Muara Mbaduk sejatinya tak mahal bila pandai mencari celah dan tawar-menawar.

 


(ADI)

Berita Terkait