Tak Ingin Kabur Lagi, Bandar Narkoba Saleh Kurap Dipindahkan ke Nusakambangan

Napi bandar narkoba Saleh Kurap (kaos oranye) dipindahkan ke Nusakambangan (Foto / Hum) Napi bandar narkoba Saleh Kurap (kaos oranye) dipindahkan ke Nusakambangan (Foto / Hum)

SURABAYA : Narapidana Saleh Kurap dipindahkan dari Rutan Kelas I Surabaya ke Nusakambangan, Sabtu 2 Oktober 2021. Bandar narkoba ini dijemput petugas Lapas Pontianak dengan pengawalan ketat. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyatakan Tim dari Pontianak datang tiba di Surabaya sejak Jumat 1 Oktober 2021.

Selain Saleh, tim juga membawa satu narapidana yang diduga membantu Saleh kabur berinisial UN. "Dia dijemput langsung menggunakan Trans Pemasyarakatan di Bandara Internasional Juanda. Rombongan tiba di Rutan Surabaya pukul 09.30 WIB," ujar Krismono, Minggu 3 Oktober 2021.

Setelah transit, kedua narapidana langsung dibantarkan ke Lapas Karanganyar yang berada di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah via jalur darat. Pemindahan ini mendapatkan pengawalan ketat oleh Petugas Pemasyarakatan baik dari Lapas Pontianak maupun Rutan Surabaya.

Baca Juga : Temukan Buku untuk Simpan Handphone di Medaeng, Kalapas : Mirip Modus Adegan Film Luar Negeri

"Selain itu, Anggota Brimob dari Polda Jawa Timur juga melaksanakan pengawalan pemindahan dua narapidana ini," ujar Krismono.

Diketahui, Saleh Kurap kabur dari Lapas Kelas IIA Pontianak, Kalimantan Barat. Dia diduga melarikan diri pada Jumat 2 September 2021 dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB. Jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim terlibat aktif dalam pemindahan narapidana kategori high risk ini.


(ADI)

Berita Terkait