Atlet Triathlon Jatim Mendominasi Seleknas Sea Games

Seleknas Triathlon di Kampus Unesa/ist Seleknas Triathlon di Kampus Unesa/ist

SURABAYA: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Federasi Triathlon Indonesia (FTI) bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan Seleksi Nasional (Seleknas) Sea Games  2023 di Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya, 27-29 Desember 2022.

Ketua Pengprov Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jatim, Armand Van Kempen,Seleknas diikuti 35 atlet dari 19 provinsi. Terdiri 1 atlet putra dan 14 atlet putri. Masing-masing kategori putra maupun putri dibagi lagi dalam 2 sesi seleksi. Seleknas  bertujuan membentuk tim nasional yang nantinya dipersiapkan berlaga di Sea Game 2023 di Kamboja.

Triathlon salah satu cabor yang dipertandingkan dalam Sea Games ke-32 Kamboja. Cabor ini memadukan tiga olahraga utama, yakni renang, bersepeda, dan lari. Atlet dituntut mampu menyelesaikan tiga cabor tersebut dengan catatan waktu terbaik.

“Diharapkan kita dapat atlet berbakat yang tentunya bisa kita unggulkan untuk merebut medali. Tahun ini diikuti puluhan atlet 19 provinsi dari Aceh pun ada,” ungkapnya.

Seleknas tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu, renang diselenggarakan di danau dan bersepeda di jalan.Tahun ini, menggunakan metode arena games. Sehingga, berenang di kolam renang, bersepeda indoor di lobby Lab Anti-Doping, dan lari tetap dilaksanakan di jalan dan jogging track Unesa.

Armand menyebut Unesa dipilih sebagai tempat seleksi karena berbagai pertimbangan salah satunya fasilitas lengkap dan menunjang. Selain itu, juga memiliki dukungan sport science yang sangat penting dalam proses seleksi dan peningkatan performance atlet.

BACA: Malam Anugerah Olahraga KONI Surabaya, Basket dan Voli Berebut Tim Terbaik

Sementara Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan fasilitas Unesa dalam seleksnas tersebut. Dia menyebut untuk meningkatkan prestasi olahraga Tanah Air perlu kolaborasi semua pihak.

“Cabor unggulan kita banyak yang tidak dipertandingkan. Namun, kita optimis dan harus bisa meraih banyak medali dan mempertahankan prestasi kita sebelumnya. Harapannya atlet di tiap cabor bisa meraih medali,” ucapnya.

Pada seleksi ini, kontingen Jawa Timur mendominasi. Dari kategori putra, atlet Jatim Bima Perdana  berada di peringkat ketiga dibawa Rasyif Amina Yaqin (Jawa Barat) Aloysius Reckyardo (Jawa Tengah) yang keluar sebagai juara.  

Sedangkan, dari kategori putri, dua atlet putri Jatim berada di peringkat tiga besar. Renata Berlina Aditya keluar sebagai juara diikutu rekannya Martina Ayu Pratiwi diperingkat ketiga. Sementara peringkat dua di tempati atlet Kalimantan Barat, Maharani Azhri Wahyuningtyas.

 


(TOM)

Berita Terkait