Berangkat dari Banyuwangi, Kapal Mutiara Timur Bawa 236 Penumpang Terbakar

KM Mutiara Timur 1 terbakar di Selat Bali, Rabu 16 November 2022. (Foto: ANTARA/HO-TNI AL) KM Mutiara Timur 1 terbakar di Selat Bali, Rabu 16 November 2022. (Foto: ANTARA/HO-TNI AL)

BANYUWANGI: Kapal Mutiara Timur I  terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi menuju Pelabuhan Lembar, Lombok. Rabu, 16 November 2022 siang.

Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Kantor Kesayahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Widodo  menyebut, Kapal Mutiara Timur berangkat dari Pelabuhan Tanjungwangi pukul 06.45 WIB.

"Informasi yang diterimanya kebakaran terjadi di perairan tak jauh dari pelabuhan Lembar, Lombok. Jaraknya, kurang lebih satu setengah jam perjalanan menuju Pelabuhan Lembar.  Sesuai jadwal tiba pukul 16.00 WIB. ,” ujarnya.

BACA:Diterjang Banjir dan Longsor, Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh

Dijelaskan, kapal ini membawa sebanyak 236 orang, sepeda motor 2 unit, kendaraan pribadi dua unit, truk sedang 16 unit, truk besar 68 unit, truk bak panjang satu unit, dan truk tronton 27 unit.

Mengenai kondisi penumpang, Widodo mengaku belum mengetahui secara pasti. Karena posisi kapal lebih dekat ke Pelabuhan Lembar, maka tim responsif yang menangani adalah tim dari Pelabuhan lembar.

Dari beberapa video yang beredar, tampak para penumpang Kapal Mutiara Timur I sudah mengenakan life jacket. Mereka berkumpul di bagian dek depan kapal tersebut. Video lain juga menunjukkan kepanikan penumpang.

 


(TOM)

Berita Terkait