Diterjang Banjir dan Longsor, Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh

Alat berat dikerahkan untuk membersihkan tumpukan lumpur/metrotv Alat berat dikerahkan untuk membersihkan tumpukan lumpur/metrotv

PACITAN: Jalan raya Pacitan-Ponorogo lumpuh akibat banjir dan longsor, pada Rabu sore, 16 November  2022. Akibatnya, arus lalu lintas dari kedua arah macet total hingga sepanjang dua kilometer.

Kemacetan terjadi tepatnya dari Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari, Pacitan akibat  luapan anak sungai Grindulu.  Selain menggenangi jalan raya, banjir juga membawa lumpur yang menimbun badan jalan.

Selain itu, sebuah rumah warga yang berada di sisi jalan juga diterjang banjir hingga mengakibatkan lumpur masuk ke dalam. Untuk membuka kembali jalur ini, sebuah alat berat dikerahkan untuk membersihkan tumpukan lumpur.

BACA: Semalam, 2 Sekolah Dasar di Jombang Dibobol Maling

"Sebelumnya hujan deras cukup lama. Selain membuat debit air sungai meluap juga menyebabkan longsor, " ujar Mariska Hendriana, Kepala Desa Gegeran.

Sementara pantauan dari kepolisian, terdapat dua titik longsor disepanjang jalur Pacitan – Ponorogo. Untuk sementara waktu jalur tidak bisa dilalui kendaraan, dan harus menunggu proses pembersihan oleh petugas.

"Kami bekerja sama dengan pihak Desa Gegeran membersihkan air dan lumpur yang menutup jalan. Untuk sementara arus dari pacitan ke Ponorogo kami tutup karena tidak bisa dilewati R2 maupun R4. Sementara informasi dari masyarakat ada dua titik longsor, yang satu berada di daerah Kedung Bendo, ” ujar Iptu Amrih Widodo, Kapolsek Arjosari.

 


(TOM)

Berita Terkait