Fenomena Langka Gunung di Mekkah Menghijau, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Fenomena gunung arab menghijau (Foto / Istimewa) Fenomena gunung arab menghijau (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Fenomena tak biasa terjadi di Mekkah. Vegetasi hijau menutupi beberapa wilayah di Arab Saudi bagian barat, yang dianggap sebagai tempat dengan iklim gurun kering. Bagaimana penjelasan ilmiahnya?

Beberapa bagian Arab Saudi telah mengalami curah hujan beberapa kali sejak Desember 2022, dengan intensitas cukup tinggi untuk periode yang sangat lama dibanding tahun sebelumnya. Alasan berulangnya curah hujan karena masuknya depresi atas pada sudut yang tidak biasa melintasi Mesir kemudian ke Utara.

Di Arab Saudi bagian barat hal itu menyebabkan kasus ketidakstabilan atmosfer yang berulang, bertepatan dengan perluasan depresi Laut Merah dan aliran arus udara lembab di lapisan atmosfer, sebagaimana dikutip dari ArabiaWeather.  

Sebagai hasil dari curah hujan yang melimpah, terutama di wilayah barat Arab Saudi, area tanaman hijau yang luas dilepaskan dengan cara yang tidak biasa sebagai akibat dari jumlah curah hujan yang tak biasa.

baca juga : Penasaran, Begini Cara Astronot Tentukan Waktu dan Kiblat Salat di Luar Angkasa

Kemudian, area hijau terkonsentrasi di Arab Saudi bagian barat karena cuaca hangan di sana bersamaan dengan hujan. Gunung di Mekkah menghijau juga berhasil diabadikan satelit Terra NASA.


(ADI)

Berita Terkait