Miris! Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Pacitan Tanpa Tenaga Kesehatan

Keluarga pasien covid-19 di Pacitan terpaksa menganti oksigen sendiri karena tidak ada petugas kesehatan. (metrotv) Keluarga pasien covid-19 di Pacitan terpaksa menganti oksigen sendiri karena tidak ada petugas kesehatan. (metrotv)

PACITAN: Sebuah video amatir menunjukkan ruang isolasi pasien covid-19 di RSUD  Pacitan,  Jawa Timur  kosong tanpa petugas tenaga kesehatan (nakes). Padahal, ada sejumlah pasien covid-19.  Salah satunya dalam kondisi kritis.

Dalam video berdurasi 2 menit 13 detik ini tampang ruang isolasi RSUD Dr Darsono Pacitan dipenuhi  sejumlah pasien covid 19.  Meski banyak pasien sedangmenjalani perawatan,  tidak satu pun ditemukan petugas tenaga kesehatan. Bahkan pada ruang perawat juga terlihat kosong tidak ada yang berjaga.

Kejadian ini direkam salah satu anggota keluarga pasien menggunakan kamera ponsel pada Selasa 21 Juli 2021,  dini hari. Berawal dari kondisi orang tuanya yang kritis akibat kehabisan oksigen, ia bergegas mencari petugas untuk meminta tolong mengganti tabung oksigen.

Namun setelah dicari-cari, ia kecewa tidak menemukan satupun petugas jaga di ruang tersebut. Kesal merasa ditelantarkan, ia lalu berinisiatif mengambil gambar suasana ruang isolasi yang kosong tanpa tenaga medis tersebut.

BACA: Gratis! Ini 3 Lokasi Pengisian Tabung Oksigen di Surabaya Raya

Sementara karena tidak ada petugas, keluarga pasien terpaksa mengganti sendiri tabung oksigen di ruang isolasi.

Saat dihubungi via seluler, Direktur RSUD Pacitan  dr. Iman Darmawan mengatakan kejadian tersebut memang benar adanya. Kondisi ini dampak dari banyaknya tenaga medis terpapar covid-19.

"Dari 588 tenaga kesehatan yang kami miliki,  ada 80 orang yang terkena covid-19. Selain itu juga karena faktor kelelahan para nakes yang terus-menerus menangani ledakan jumlah pasien covid-19, " ujarnya.

Sementara waktu kejadian tersebut, kondisi oksigen di rumah sakit juga sedang habis.  Bahkan atas kejadian ini pihak rumah sakit mengaku siap dikritik oleh masyarakat.

 


(TOM)

Berita Terkait