Gratis! Ini 3 Lokasi Pengisian Tabung Oksigen di Surabaya Raya

Ilustrasi antrean isi tabung oksigen. (MI) Ilustrasi antrean isi tabung oksigen. (MI)

SURABAYA: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan pusat pengisian tabung oksigen gratis bagi masyarakat. Namun, fasilitas ini hanya dipusatkan di wilayah Surabaya Raya. Yaitu Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

"Semoga bantuan fasilitas ini dapat membantu masyarakat, yang saat ini sedang berjuang melawan sakit akibat covid-19," kata Plh Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, dikonfirmasi, Jumat, 16 Juli 2021.

Untuk di Surabaya, lanjut Heru, tempat pengisian tabung oksigen gratis dipusatkan di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, di Jalan Ahmad Yani. Bagi masyarakat yang membutuhkan, bisa langsung mendatangi lokasi tersebut.

"Sementara untuk di Gresik dan Sidoarjo, masing-masing dipusatkan di Kantor Samsat setempat," ujarnya.

Sayangnya, pengisian tabung oksigen itu masih belum dioperasionalkan. Sebab masih dalam proses penyiapan sistem dan teknis di lapangan. Rencananya, warga diharuskan mengisi data atau mendaftar secara daring, sebelum mengisi tabung oksigen tersebut.

"Secara teknis dan kepastiannya akan kami informasikan secepat mungkin. Kami sedang siapkan sistemnya, dan secepatnya akan dibuka untuk masyarakat secara gratis," ujarnya.

Menurut Heru, saat ini oksigen banyak dibutuhkan dan harus diprioritaskan untuk mendapatkan, baik di rumah sakit maupun masyarakat umum. Sementara masyarakat yang tidak membutuhkan diharapkan tidak ikut berburu tabung oksigen.

Apalagi, kata dia, jika sampai menjualnya demi meraup keuntungan pribadi. Di mana harga eceran tertinggi (HET) tabung oksigen ukuran kecil sebesar Rp750 ribu.

"Jika itu ditemukan laporkan, biar nanti ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum," kata Heru.

3 Lokasi Pengisian Oksigen Gratis Pemprov Jatim

1. Dishub Jatim
Fontage Rd Ahmad Yani No.268, Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur

2. Samsat Gresik
Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo No.680, Kembangan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

3. Samsat Sidoarjo
Jl. Raya Cemeng Kalang No.12, Ngemplak, Cemeng Kalang, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

 

 


(TOM)

Berita Terkait