Kreatif, Emak-emak Pasuruan Olah Duri Bandeng Jadi Stik

Sofiatul Husnah saat meminta pembeli mencicipi stik duri bandeng buatannya (Foto / Metro Tv) Sofiatul Husnah saat meminta pembeli mencicipi stik duri bandeng buatannya (Foto / Metro Tv)

PASURUAN : Sejumlah emak-emak di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan tergolong kreatif. Mereka yang tergabung dalam kelompok UMKM Jelak Joyo itu mengolah duri bandeng menjadi stik.  Ada dua rasa yang dijajakan, yakni original dan balado.

"Kita membuat stik duri bandeng. Duri dari bandeng kita olah jadi stik duri karena bagus untuk kalsium tulang," kata pelaku UMKM stik duri bandeng, Sofiatul Husnah, Rabu 7 Desember 2022.  

Sofiatul menjelaskan proses pembuatan dimulai dari duri ikan bandeng yang dicuci bersih. Kemudian digiling serta dicampur tepung terigu, telur ayam, mentega, garam, dan bawang putih yang dihaluskan. Setelah itu, bahan-bahan tersebut dicampur dan diuleni sampai rata.

Selanjutnya, adonan dicetak berbentuk stik menggunakan mesin pasta dan digoreng sampai matang. "Kita presto dulu durinya, setelah matang kita blender, kemudian dicampur bahan-bahan lalu goreng," katanya.

baca juga : 4 Kedai Kopi Asal Indonesia Ini Ekpansi ke Luar Negeri

Stik duri bandeng tersebut dijual dengan ukuran 25 gram seharga Rp15.000. Adapun stik duri bandeng ini dipasarkan sejak tahun lalu. Harganya terjangkau serta memiliki rasa yang gurih dan kaya kalsium menjadikan panganan ini dimintai oleh pembeli.

Sementara itu, salah satu pembeli, Mardiah Rahma mengataka stik duri bandeng memiliki rasa yang cukup enak. Selain gurih, rasa ikan bandengnya masih terasa.

"Kalau saya suka yang rasa balado. Kombinasi penas manis dan gurih," katanya.


(ADI)

Berita Terkait