Inspeksi Angkutan Lebaran di Bojonegoro, Petugas Temukan 2 Bus Tak Laik Jalan

Petugas sidak kelikan angkutan lebaran (Foto / Istimewa) Petugas sidak kelikan angkutan lebaran (Foto / Istimewa)

BOJONEGORO : Satlantas Polres Bojonegoro bersama Dinas Perhubungan melakukan rampcheck atau inspeksi keselamatan angkutan lalu lintas dan angkutan darat di Terminal Rajakwesi, Kabupaten Bojonegoro, Jumat 7 April 2023. Inspeksi ini dilakukan untuk memastikan seluruh armada angkutan Lebaran laik jalan dan aman ditumpangi.

Pada inspeksi ini petugas mengecek semua kondisi fisik kendaraan, mulai dari roda, rem, wiper, lampu, sabuk pengaman, alat pemadam api, hingga alat pemecah kaca. Pengecekan dilakukan satu per satu terhadap semua armada angkutan Lebaran yang beroperasi di terminal.

Selain itu, petugas juga memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan untuk mengetahui laik jalan atau tidaknya kendaraan. Hasilnya, petugas mendapati dua aramada bus yang tak layak beroperasi.

baca juga : Adu Banteng, 2 Pelajar di Sidoarjo Meregang Nyawa

Kasat Lantas Polres Bojonegoro AKP I Gusti Krisna Fuadi mengatakan, rampcheck itu dilakukan untuk menjaga keselamatan lalu lintas selama angkutan Lebaran. Pihaknya ingin memastikan, bahwa kendaraan layak beroperasi dan aman ditumpangi selama arus mudik dan balik Idul Fitri.

"Kami ingin memastikan apakah bus layak atau tidak layak jalan. Apabila dinyatakan layak, akan kami beri tanda stiker," katanya.

Sementara itu, untuk bus atau kendaraan yang belum memenuhi standar keselamatan, dilarang beroperasi sebelum adanya perbaikan. Jika masih nekat beroperasi maka petugas akan memberikan sanksi tegas berupa pencabutan izin trayek.

 


(ADI)

Berita Terkait