Puncak Arus Balik, Bandara Juanda Dipadati 44.396 Penumpang

Bandara Juanda Surabaya/ist Bandara Juanda Surabaya/ist

SIDOARJO: Puncak arus balik di Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur diprediksi terjadi H+3 pada Selasa hari ini,  25 April 2023. Jumlah penumpang tercatat 44.396  orang dengan 308 pesawat.

Arus balik di Bandara Juanda terlihat sejak H+1 atau Minggu (23/4) dan mencapai 33 ribu penumpang. Angka penumpang arus balik meningkat lagi pada H+2 atau Senin (24/4) yaitu 42.193 orang.  Pada periode sama tahun lalu, jumlah penumpang arus balik hanya 28.968 orang, artinya ada peningkatan 46%.

Sementara jumlah pesawat pada H+2 kemarin sebanyak 286. Angka tersebut naik 38% dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 208 pesawat.

"Rekapitulasi penumpang libur lebaran hingga H+2 kemarin tercatat 440.066 orang," kata General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar.

Pada rekapitulasi periode sama tahun lalu, jumlah penumpang 344.229 orang. Artinya ada peningkatan 28%.

BACA: Pohon dan Tiang Listrik Roboh Timpa 3 Kendaraan di Exit Tol Madyopuro

Sisyani mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah kesiapan untuk melayani penumpang arus balik. Di antaranya adalah dengan memaksimalkan ruang tunggu yang ada di Terminal 1.

"Kami akan maksimalkan 15 ruang tunggu untuk melayani arus balik, namun tetap dengan mempertimbangkan kebutuhan operasional di lapangan. Artinya, seluruh ruang tunggu siap beroperasi namun menyesuaikan juga dengan jumlah penumpang yang dilayani," kata Sisyani.

Para petugas di bandara juga siaga mengatur lalu lintas di area pergerakan kendaraan pengantar dan penjemput maupun di area dalam terminal yang berpotensi adanya antrian seperti pada konter check-in dan titik pemeriksaan keamanan.

"Saat ini kami operasikan empat x-ray penumpang dan satu x-ray karyawan yang dapat digunakan jika terjadi kepadatan. Kami juga siapkan tambahan satu x-ray di sisi timur terminal untuk antisipasi. Seluruh peralatan pemeriksaan keamanan tersebut menurut perhitungan kami masih akan dapat menampung jumlah penumpang yang akan terlayani. Pada area tersebut personil Avsec yang bertugas adalah sejumlah 20 sampai 25 orang setiap shift," ujarnya

 


(TOM)

Berita Terkait