Pemkab Ngawi Catat 71.043 Wisatawan Berlibur ke Ngawi saat Idulfitri

Sejumlah wisatawan mengunjungi dan menikmati Srambang Park di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur saat libur Lebaran 2024. (ANTARA/Louis Rika) Sejumlah wisatawan mengunjungi dan menikmati Srambang Park di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur saat libur Lebaran 2024. (ANTARA/Louis Rika)

Ngawi: Pemerintah Kabupaten Ngawi mencatat jumlah wisatawan yang berlibur ke tempat wisata selama libur Lebaran 2024 sebanyak 71.043 orang. Data tersebut diperoleh selama periode 29 Maret hingga 17 April 2024.

"Data Dinas Pariwisata mencatat total kunjungan wisatawan ke Kabupaten Ngawi selama libur Lebaran mulai 29 Maret sampai dengan 17 April mencapai 71.043 wisatawan," ucap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi, Wiwien Purwaningsih dikutip dari Antara, Jumat, 19 April 2024.

Menurutnya, 71 ribu wisatawan tersebut mengunjungi sebanyak 18 destinasi wisata yang terdapat di Ngawi, Jawa Timur. Tiga lokasi utama yang menjadi favorit mereka adalah air terjun Srambang Park di Kecamatan Jogorogo, Kebun Teh Jamus di Kecamatan Sine, dan Taman Wisata Tawun Ngawi.

"Untuk jumlah kunjungan di Srambang Park mencapai 15 ribuan orang pada H+3 dan H+4 Lebaran 2024. Di Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi juga terpantau banyak, namun laporannya belum masuk," ucapnya.

Ia menuturkan, jumlah kunjungan wisatawan tahun ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu. Berdasarkan data, di tahun sebelumnya, jumlah wisatawan mencapai sekitar 46 ribuan. Ini juga secara langsung juga memberikan dampak bagi para pelaku usaha di sekitar objek wisata seperti kuliner, oleh-oleh, hingga jasa sewa wahana.

Pihaknya terus mendorong para pelaku wisata untuk berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Kabupaten Ngawi. Selain itu, dinasnya juga intensif melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para pelaku desa wisata yang dikelola oleh BUMDes agar tempat usahanya tetap ramai.  

"Dinas juga menarik wisatawan dengan promosi dan menggelar kegiatan hiburan, utamanya di tempat wisata Taman Tawun yang dikelola pemda. Dinas juga melakukan perbaikan sarana dan prasarana di lokasi wisata setempat untuk menambah kenyamanan wisatawan saat berkunjung," ujarnya.


(SUR)

Berita Terkait