Empat Mahasiswa Ciptakan Safety Goggles Myopi bagi Pekerja

Naufal menunjukkan inovasi kacamata aman untuk pekerja yang memiliki masalah pada matanya (Foto / Hum) Naufal menunjukkan inovasi kacamata aman untuk pekerja yang memiliki masalah pada matanya (Foto / Hum)

SURABAYA : Empat mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berhasil menciptakan Goggles Myopi bagi pekerja. Kacamata ini berfungsi untuk memudahkan pekerja industri atau kontraktor yang mengalami masalah mata. Sehingga, mereka bisa bekerja dengan aman dan nyaman.

Keempat mahasiswa itu ialah Naufal Ilham Saputra, Husnul Kirom Ramadhani, Amrina Rosyadah ketiganya mahasiswa dari Prodi D4 Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Violin Margaretha Puspa Ningrum dari prodi S1 Keperawatan. Ciptaan mereka lolos Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) program Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan teknologi (Kemdikbud Ristek) Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

Naufal mengatakan ide awal pembuatan kacamata ini berawal dari keluhan banyak pekerja pada sektor industri dan kontraktor yang mengalami masalah pada matanya. Khususnya saat menggunakan kacamata pelindung untuk pengelasan. Alasannya, kacamata pelindung yang umum digunakan hanya untuk mereka yang memiliki mata normal. Sehingga mereka harus menggunakan kacamata khusus agar bisa bekerja dengan nyaman.  

"Jadi kami membuat kacamata ini agar para pekerja tidak kesulitan dalam menjalankan pekerjeaan karena masalah pada matanya," ungkap salah satu mahasiswa, Naufal.

Naufal menjelasakan jika dalam dunia industri kontraktor tidak jarang adanya kejadian kecelakaan yang diakibatkan kondisi kesehatan mata menurun atau minus. "Jadi kacamata ini bisa menyesuaikan lensa kacamatanya dari penggunanya sehingga bisa melihat dengan nyaman," ujarnya.

Baca juga : Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Aplikasi 3D Benda Bersejarah Islam Majapahit

Dia mengatakan kacamata ini memiliki tiga lapis lensa atau 3 in 1. Kedua kenyamanan dari produk ini karena stripernya disesuaikan dengan ukuran kepala, lensa frame minusnya bisa dilepas, dan looknya lebih sporty.

"Ada tiga lapis lensa seperti lapisan terluar ada kaca pelindung untuk mata, lapir kedua lensa minus atau silinder dari pekerja, dan lapis ketiga kaca hitam standart untuk mengelas," terangnya.

Naufal menjelaskan pada kacamata Safety Goggles Myopi kaca hitam untuk mengelas bisa dibongkar pasang. "Ini bisa digunakan saat melakukan pengelasan saja," ungkap Mahasiswa K3 ini.

Naufal menceritakan jika dalam pembuatan Safety Goggles Myopi dirinya mencoba beberapa kali hingga akhirnya bentuk kacamata ini yang bisa dimaksimalkan. "Jadi dua kali kami membuat konsep kacamata bagi pekerja ini, dan yang terbaru ini serta mendapatkan tanggapan yang cukup bagus bagi penggunanya," ungkapnya.

Mahasiswa ini sudah mulai menjual produk ini di market place seperti shoppe dengan nama SGM.goid serta dibandrol dengan harga Rp 275 ribu. "Alhamdulillah sudah beberapa orang yang pesan dan sudah digunakan lebih enak karena nyaman saat digunakan," terangnya.


(ADI)

Berita Terkait