Biar Aman Bawa Uang Tunai saat Liburan, Lakukan Hal Ini!

Biar aman bawa uang tunai saat liburan, lakukan hal ini! Foto: Freepik Biar aman bawa uang tunai saat liburan, lakukan hal ini! Foto: Freepik

JAKARTA: Di era digital, membawa uang tunai ketika berlibur masih menjadi hal yang penting, terutama saat kita pergi ke tempat yang jauh. Sebab, tidak semua tempat memiliki akses untuk mengambil uang di mesin ATM.

Namun terkadang menyimpan uang tunai terlalu banyak justru malah tidak aman dan merepotkan. Jika Anda berniat membawa uang tunai ketika berlibur untuk berjaga-jaga andai ada keperluan mendadak, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan.

Dirangkum dari Inibaru.id, berikut tips aman membawa uang tunai saat liburan:

1. Simpan uang di berbagai tempat

Kalau membawa uang tunai, sebaiknya hindari menyimpannya di satu tempat saja. Anda bisa menyimpan uang di dompet, tas jinjing, saku baju, dan botol obat. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas safe deposit box di kamar hotel.

Dengan menyimpan uang tunai di sana-sini, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika dompet atau smartphone mendadak hilang. Masih ada uang untuk kembali ke hotel atau kantor polisi.

2. Simpan uang receh di tempat yang mudah dijangkau

Ketika berlibur, biasakan untuk memecah uang ke dalam pecahan yang lebih kecil atau recehan. Tindakan ini dapat mengantisipasi jika nggak ada uang kembalian ketika membeli sesuatu.

Selain itu, simpan uang dalam pecahan kecil tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu, Anda tidak bakal kerepotan merogoh saku paling dalam atau sampai membuka tas sewaktu membayar.

Ada baiknya persiapkan tas khusus sebelum berangkat. Tas inilah yang bakal kamu pakai untuk membeli makanan, cenderamata, atau tiket masuk suatu tempat wisata pada hari itu.

BACA: Waspada Hapatitis Akut pada Anak, Ini Langkah Pertolongan Pertamanya!

3. Bersih-bersih dompet

Biasakan untuk membersihkan atau memilah isi dompet sebelum bepergian. Keluarkan kartu yang tidak akan Anda pakai ketika berlibur atau kertas-kertas lainnya yang lupa Anda keluarkan dari dompet.

4. Bawa dompet palsu

Pernahkah Anda berpikir untuk membawa dompet kosong alias dompet palsu? Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengecoh pencopet.

Beli saja dompet murah dan simpan di saku atau tas. Biar terlihat agak tebal, Anda bisa memasukkan recehan ke dalamnya. Nah, begitu pencopet termakan dompet palsu ini, Anda punya waktu untuk menyelamatkan diri.


(UWA)

Berita Terkait