3 Warga Tulungagung Keracunan Umbi Gadung, 1 Meninggal

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id
TULUNGAGUNG : Tiga warga Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Tulungagung, Jawa Timur mengalami keracunan setelah memakan umbi gadung. Akibatnya, satu korban atas nama Bejo meninggal dunia. Sedangkan dua korban lainnya, yakni Supandi dan Karyati masih bisa diselamatkan.

Kapolsek Gondang, AKP Suwancono mengatakan kejadian bersebut bermula ketika anak korban yang bernama Soyin mencari umbi gembolo untuk dimasak. Tanpa disadari, saat mencari gembolo tersebut, ia turut terbawa umbi gadung yang kebetulan tumbuh di dekatnya.

"Setelah sampai di rumah, umbi gembolo yang bercampur gadung tersebut dimasak oleh istri Soyin, Karyati," terangnya, Jumat 11 Juni 2021.

Umbi yang telah masak tersebut, kemudian dimakan Karyati bersama Bejo dan sebagian diberikan kepada tetangganya, yakni Supandi. Lalu, tak berselang lama, para korban mengalami gejala keracunan. Mereka pusing dan mual.

BACA JUGA : Bikin Resah, OJK Blokir 3.193 Pinjaman Online Ilegal

"Dua korban selamat setelah sempat muntah dan mendapat perawatan, sedangkan Bejo yang telah berusia lanjut meninggal dunia," kata Suwancono.

Dari lokasi kejadian, petugas mengamankan sisa umbi gadung dan gembolo yang di makan korban dan juga umbi-umbian mentah. Menurut penjelasan dari pom.go.id, umbi gadung mengandung asam sianida yang pada konsentrasi tinggi bisa menyebabkan kematian.

Masyarakat biasa memanfaatkan umbi gadung untuk dibuat kerupuk untuk menghilangkan kadar racun dalam gadung. Hanya saja diperlukan pengolahan khusus sebelum dimasak, di antaranya dengan menggunakan abu.

 


(ADI)