KAI Daop 8 Surabaya Tambah 2 Kereta Baru Tujuan Jakarta

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan dua kereta api (KA) jarak jauh rute baru tujuan Jakarta. Dua kereta itu yakni KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir (PP) dan KA Pandalungan relasi Jember-Surabaya-Gambir (PP).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan, untuk kelas pelayanannya, KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta eksekutif dengan jam keberangkatan pukul 09.05 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng dan tiba di Stasiun Gambir pukul 19.40 WIB. "KA ini beroperasi setiap hari," katanya, Senin 22 Mei 2023.

Sedang KA Pandalungan, kata dia, pada tahap awal akan beroperasi sat akhir pekan. Jadwal dari Surabaya Pasarturi tujuan Gambir dengan jam keberangkatan pukul 19.05 WIB dan dari Surabaya Pasarturi tujuan Jember dengan jam keberangkatan pukul 06.48 WIB.

baca juga : Kuota Haji Trenggalek 2023 Naik 63 Persen

Adapun KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 450 penumpang. Sedang KA Pandalungan terdiri dari 8 kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 400 penumpang.

“Pengoperasian 2 KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” ujarnya.

Pengoperasian KA Argo Semeru dan KA Pandalungan merupakan KA jarak jauh terbaru yang beroperasi pada Gapeka 2023. KA Argo Semeru menawarkan alternatif perjalanan KA kelas eksekutif Surabaya Gubeng-Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari dengan waktu tempuh 10 jam 35 menit.

Sedangkan KA Pandalungan, dengan relasi Jember–Surabaya–Gambir menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh.

baca juga : Diantar Anak Istri, Eksekutor Curanmor 13 TKP di Situbondo Menyerahkan Diri

Luqman menambahkan, untuk menarik minat calon penumpang, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Semeru seharga Rp250.000. Sedangkan KA Pandalungan seharga Rp300.000. Tarif promo ini berlaku pada Juni 2023. Masyarakat dapat memiliki tiket promo tersebut dengan melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access maupun mitra resmi KAI lainnya mulai H-30.

“Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api," pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait