PCNU Situbondo Buka Tabungan Khusus Kurban

Penyembelihan hewan kurban PCNU Kabupaten Situbondo. Selasa (12/7/2022) (ANTARA/Novi H) Penyembelihan hewan kurban PCNU Kabupaten Situbondo. Selasa (12/7/2022) (ANTARA/Novi H)

Situbondo: Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur membuka tabungan khusus hewan kurban bagi warga nahdliyin dan masyarakat umum. Tabungan ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat menabung untuk berkurban pada Hari Raya Iduladha.

Ketua PCNU Kabupaten Situbondo K.H. Muhyiddin Khatib menjelaskan, warga nahdliyin dan masyarakat umum bisa menabung di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LazisNU) setiap bulan. 

"Kami sudah meminta LazisNU membuka tabungan khusus hewan kurban. Ini menjadi wadah dan memudahkan masyarakat menabung untuk melaksanakan ibadah kurban," kata Kiai Muhyiddin, seperti dikutip dari Antaranews.com, Selasa 12 Juli 2022.

Baca juga: Ambruk Saat Menyembelih Hewan Kurban, Warga Mojokerto Meninggal

Pembukaan tabungan khusus hewan kurban ini juga dalam rangka dakwah bil hal. Yakni, mengajak masyarakat melakukan praktik dalam hal kebaikan. Salah satunya berkurban dan membagikan dagingnya kepada kaum dhuafa maupun masyarakat yang membutuhkan.

"Warga yang punya nazar bisa menabung, misal harga kambing Rp3.000.000, bisa dibagi 12 bulan untuk menabung di LazisNU," ujarnya.

Kiai Muhyiddin menambahkan, Islam lentur dalam mengatur syariat ibadah kurban. Bagi yang tidak mampu dan ingin berkurban sapi, bisa secara patungan maksimal tujuh orang. Namun bagi yang mampu, dianjurkan berkurban perorangan.

Pada hari Raya Idul Adha tahun ini, PCNU Situbondo menyembelih hewan kurban yang terdiri dari 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Hewan kurban berasal dari Pengurus PBNU, LPBI NU, BRI, Gapeknas, Pengurus PCNU Situbondo, dan dari perorangan.


(SUR)

Berita Terkait