Puting Beliung Terjang Jombang dan Madiun, Puluhan Rumah Rusak

Puting beliung membuat pohon roboh dan timpa rumah warga di Madiun (Foto / Metro TV) Puting beliung membuat pohon roboh dan timpa rumah warga di Madiun (Foto / Metro TV)

JOMBANG : Hujan es dan angin puting beliung menerjang permukiman warga di Desa Barongsawahan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu 6 November 2022. Akibatnya puluhan rumah warga rusak, 5 di antaranya tertimpa pohon tumbang. Tak hanya itu, cuaca buruk itu juga merusak satu ruang kelas di sekolah dasar (SD) Desa Barongsawahan.

Ketua RT 1 Desa Barongsawahan Sugianto mengatakan, peristiwa hujan es disertai angin putting beliung berlangsung cepat. Angin yang berputar-putar tiba-tiba datang dan menerjang rumah-rumah warga. "Warga panik dan ketakutan. Mereka berlarian menyelamatkan diri," kata Sugianto.

Selain Desa Barongsawahan, Bandarkedungmulyo, angin puting beliung juga dilaporkan menerjang permukiman warga di Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak, Jombang. Di desa ini pun, sejumlah rumah warga rusak akibat diterpa angin kencang.

baca juga : Truk Semen Timpa Pemotor di Jember, 1 Tewas

Tak hanya di Jombang, puting beliung juga terjadi di Madiun, tepatnya di pemukiman warga di desa Dawuhan dan Desa duren, Kecamatan Pilangkenceng. Terdapat 6 rumah rusak tertima pohon. Petugas BPBD setempat terus menyisir sejumlah desa di kecamatan Pilangkenceng atas kemungkinan bertambahnya jumlah rumah dan fasilitas umum yang rusak.


(ADI)

Berita Terkait