11 Tim Sudah Lolos 16 Besar EURO 2020, Termasuk Inggris dan Prancis, Kok Bisa?

Trio penyerang Prancis, Benzema, Mbape, Grizemen. (getty) Trio penyerang Prancis, Benzema, Mbape, Grizemen. (getty)

CLICKS:  Sejumlah negara memastikan lolos babak 16 besar EURO 2020 lebih cepat setelah melihat hasil laga Finlandia vs Belgia serta Rusia vs Denmark, dini hari tadi. Total ada 11 tim yang sudah lolos, termasuk Inggris dan Prancis. Kok bisa? 

Kemenangan Denmark dan Belgia, ikut membuat lima negara lain lolos 16 besar. Yaitu  Prancis, Inggris, Rep. Ceko, Swedia, dan Swiss.  Kecuali Swiss, empat tim  masih menyisahkan satu pertandingan lagi. 

Sesuai regulasi, tiket babak 16 besar dari peringkat ketiga terbaik diberikan kepada empat negara dari total enam grup. Artinya, hanya ada dua tim peringkat ketiga yang tidak kebagian jatah tiket 16 besar.

BACA: Denmark Meledak! Gulung Rusia, Lolos 16 Besar

Nah, Swiss yang berada di Grup A akhirnya lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik setelah mengumpulkan 4 poin dari tiga pertadingan. Perolehan poin Swiss lebih tinggi dari dua negara peringkat ketiga lain Ukraina (grup C) dan Finlandia (grup B) yang masing-masing mengoleksi 3 poin.

Sementara di grup D, Republik Ceko dan Inggris yang menempati dua teratas dari dua pertandingan juga memastikan lolos ke 16 besar. Kedua tim ini akan bentrok di matchday ketiga itu sudah mengumpulkan 4 poin. 

Hasil apapun di pertandingan Rep Ceko vs Inggris hanya mempengaruhi posisi terakhir klasemen grup. Keduanya dipastikan lolos setidaknya sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

BACA: Susul Italia, Belgia dan Belanda Perkasa! 

Sementara di grup E, baru Swedia yang sudah mengunci tiket ke babak 16 besar. Swedia kini memuncaki klasemen, juga sudah mengumpulkan 4 poin dari dua laga. 

Jika mereka kalah dari Polandia pada laga terakhir nanti, tiket 16 besar sudah pasti digenggam dengan status runner-up.

Sebab, dua tim di bawahnya, Slovakia (3 poin) dan Spanyol (2 poin) akan saling bertemu pada matchday ketiga. Apapun hasil laga Slovakia vs Spanyol, tak akan menggusur Swedia setidaknya dari posisi lebih rendah dari runner-up.

Nasib baik juga menerpa Prancis di Grup. Les Blues memastikan lolos dengan raihan 4 poin dari dua laga. 
Jika Prancis kalah dari Portugal, tiket babak 16 besar tetap aman dengan status  peringkat ketiga terbaik.

Sementara, Jerman dan Portugal yang menempati peringkat kedua serta ketiga dengan torehan tiga poin, masih harus menunggu sampai matchday ketiga. 
Jerman akan menghadapi Hungaria yang masih punya peluang lolos. Saat ini, Hungaria mendulang  1 poin. Artinya, jika ingin membuat sejarah lolos 16 besar, Hungaria harus mengalahkan Jerman. 

Berikut 11 Negara yang Pasti Lolos  Babak 16 besar EURO 2020:

Italia (juara grup A)
Wales (runner-up grup A)
Swiss (peringkat ketiga grup A)
Belgia (juara grup B)
Denmark (runner-up grup B)
Belanda (juara grup C)
Austria (runner-up grup C)
Rep. Ceko 
Inggris 
Swedia 
Prancis


(TOM)

Berita Terkait