Enam Tim Lolos PKM 2022, Unusa Melesat di Posisi 3 Nasional

istimewa istimewa

SURABAYA : Enam tim mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022. Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Dari jumlah tim yang lolos, Unusa menduduki peringkat ke-3 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berhasil lolos proposal PKM terbanyak.

Direktur Akademik, Kemahasiswaan (Akamawa) dan Perpustakaan Unusa, Umdatus Soleha menjelaskan enam tim yang lolos PKM ini terdiri dari beberapa prodi. Yakni S1 Pendidikan Dokter yang meloloskan dua tim, S1 Akuntasi 2 tim, D4 K3 1 tim, dan D3 Kebidanan 1 tim. Unusa berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswanya hingga sampai ke Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

"Kami akan dukung mahasiswa, mulai dari dukungan finansial dan dukungan moral bagi mahasiswa yang lolos PKM," ucapnya.

Umdatus menuturkan, jumlah tim yang lolos ini tahun ini lebih sedikit dari pada tahun sebelumnya. Penyebabnya, adanya pengurangan kuota sehingga membuat jumlah tahun ini yang lolos tidak banyak. "Kami akan lebih fokus untuk melakukan pendampingan kepada tim yang lolos," terangnya.

Baca juga : Rektor Unusa Sambut Kedatangan 3 Mahasiswa Timor Leste

Dia menambahkan dengan pembatasan kuota tersebut, proses seleksi semakin ketat dari masing-masing perguruan tinggi negeri maupun swasta.

"Enam tim ini sudah berhasil menyelesaikan beberapa tahap seleksi dan yang terbaik dari semua proposal PKM yang masuk. Enam tim yang lolos PKM ini terdiri dari empat tim PKM Kewirausahaan, satu tim PKM Karsa Cipta (KC), dan satu tim lolos PKM Riset Eksakta (RE)," ungkapnya.

Umdatus menjelaskan, nantinya pihak kampus akan membimbing tim yang lolos dalam program tersebut. Mereka akan dibimbing mulai persiapan proposal hingga produksi yang akan dilakukan pada setiap tim.

"Kami berharap bisa lolos dalam PIMNAS 2022 dan memperoleh juara dalam PKM tahun ini," terangnya


(ADI)

Berita Terkait