Kisah Anak Tukang Bakso Jadi Pegawai Kejaksaan Setelah 2 Kali Gagal

Ellyana Intan Ningtyas  saat membantu ayahnya berdagang bakso. (ist) Ellyana Intan Ningtyas saat membantu ayahnya berdagang bakso. (ist)

SURABAYA: Dua kali gagal tes menjadi pegawai Kejaksaan RI, tidak membuat Ellyana Intan Ningtyas patah semangat. Putri pedagang bakso dari Surabaya ini terus mencoba hingga impiannya bisa terwujud.

Gadis yang akrab dipanggil Elly memang punya semangat dan mental luar biasa. Bayangkan, sudah dua kali mencoba namun hasilnya selalu gagal. Hingga pada pendaftaran ketiga tahun 2021, Elly baru diterima menjadi abdi negara.

"Setiap ada pembukaan saya daftar, biarpun tahun lalu gagal mungkin belum rejeki saya. Setiap kegagalan saya intropeksi kekurangan saya dan berusaha lebih keras lagi untuk belajar, " ucap Elly.

Diakui Elly setiap kegagalan terbesit rasa kecewa. Namun semangatnya kembali tumbuh setelah melihat dua temannya berhasil lolos tes, meski juga bukan dari kalangan keluarga berkecukupan.     

BACA: Unik, Mencicipi Es Gabus Daun Kelor Buatan Siswa SD Gresik

"Teman saya yang anak juru parkir bernama Mike dan anak penjual kopi bernama Petir  aat itu daftar bersama sama saya tahun 2020  sudah diterima terlebih dahulu sebagai PNS Kejaksaan RI. Itu menjadi motivasi saya untuk terus mencoba tanpa patah semangat. Alhamdulillah Tahun 2021 ini Allah menakdirkan saya diterima sebagai CPNS Kejaksaan," ucapnya bahagia.

Sebenarnya, lanjut Elly, orang tuanya sempat pesimis bisa diterima menjadi pegawai Kejaksaan RI apalagi sudah dua kali gagal. Terlebih keluarganya mendapatkan informasi simpang siur yang manyatakan  menjadi pegawai negeri harus punya koneksi dan dana agar bisa diterima menjadi Pegawai Kejaksaan.

"Saya modal tekad dan niat, saya bilang sama orang tua saya. Biar saya sendiri yang coba, saya jalani cukup dengan doa, insyaAllah. Alhamdulillah, terkabul dengan doa orang tua," kenang Elly.

Setiap harinya, Elly bekerja di salah satu tempat foto copy di daerah waru Sidoarjo. Selain itu, sepulang bekerja Ely membantu orang tuanya untuk mempersiapkan jualan bakso.

Sang ayah, Tukiman yang biasa dipanggil Jo Bakso, mengungkapkan kalau putrinya sudah lama bercita-cita menjadi pegawai kejaksaan. Bahkan sejak usianya masih 11 tahun.

"Saya merasa tidak mampu mendukung keinginan anak untuk menjadi pegawai kejaksaan karena hanya seorang pedagang kecil yang setiap harinya menjajakan bakso keliling menggunakan gerobak. Saya hanya bisa berdoa, " ucapnya Tukiman dengan mata berkaca-kaca.  

Hingga kini, Tukiman cuma bisa mengontrak rumah sederhana di daerah Wonocolo, Surabaya, tepatnya di belakang Gedung Jatim Expo.

"Saya sudah berjualan bakso sekitar 23 tahun, keliling dorong gerobak dan mangkal pinggir jalan pindah-pindah," ucap Tukiman.

 


(TOM)