Unik, Mencicipi Es Gabus Daun Kelor Buatan Siswa SD Gresik

Es gabus daun kelor buatan arsafah Al Zahiliyah Rahmawati (Foto / Metro TV) Es gabus daun kelor buatan arsafah Al Zahiliyah Rahmawati (Foto / Metro TV)

GRESIK : Olahan daun kelor kian beragam. Salah satu buatan siswa SD di Gresik ini. Daun kelor diubah menjadi campuran es gabus. Selain segar, kandungan daun kelor tersebut juga kaya akan vitamin dan menyehatkan. Tak heran, kreasinya mendapat penghargaan di ajang nasional Kreasi Anak Indonesia 2021.

Adalah Qarsafah Al Zahiliyah Rahmawati, siswa SD Muhammadiyah 1 GKB, Kebomas, Gresik. Tanaman kelor (moringa oleivera) yang banyak tumbuh di pekarangan rumah warga menginspirasinya siswa kelas 5 tersebut. Lewat beberapa percobaan, dia berhasil  mengkreasikan daun tanaman kaya manfaat kesehatan ini menjadi jajanan tempo doeloe yakni es gabus, dan diberi nama "wonderful ice".

Proses pembuatan Wonderful Ice terbilang sederhana. Usai digiling dengan blender, saripati daun kelor ditambahkan susu bubuk, tepung, gula aren dan santan kelapa. Adonan daun kelor, kemudian digoreng hingga menjadi adonan. Setelah itu, dikemas dan didinginkan dalam lemari es.

Baca Juga : Membanggakan, Anak Tukang Tahu Keliling di Jombang Lolos Akpol

Safa, panggilan akrab Qarsafah mengatakan tertantang mengkreasikan tanaman kelor karena jenis tumbuhan ini mudah didapat dan banyak tumbuh di sekitar lingkungan rumah dan sekolah. Menurutnya, resep pembuatan es gabus tercipta setelah melakukan uji coba selama 6 kali dengan bimbingan guru di sekolahnya.

"Kesulitan sebelumnya adalah memadukan rasa yang pas dengan takaran adonan. Sehingga harus beberapa kali mencoba," katanya.

Kuliner kreasinya kini menjadi hidangan favorit teman dan dewan guru di sekolahnya. Bahkan, Wonderful Ice meraih penghargaan nasional di ajang Kreasi Anak Indonesia 2021 kategori nutrisi yang digelar Kemenristekdikti.

Guru pembimbing Safa, Faridah Lutfiatul mengapresiasi karya anak didiknya. Sebab, kuliner inovasinya cukup lezat dan kaya manfaat kesehatan.

 


(ADI)

Berita Terkait