4 Manfaat Kulit Bawang, Jangan Langsung Dibuang Ya!

Ilustrasi bawang putih. Foto: Freepik Ilustrasi bawang putih. Foto: Freepik

JAKARTA: Umumnya kulit bawang dibuang begitu saja ke tempat sampah. Namun ternyata, dibalik tampilan kulit bawang yang tidak menggugah selera tersebut, terdapat segudang manfaat yang cukup menguntungkan.

Untuk itu, sebaiknya setelah Anda mengupas kulit bawang, jangan langsung membuangnya. Dilansir dari Medcom.id, simak empat manfaat dari kulit bawang:

1. Menambahkan rasa pada makanan

Kulit bawang mengandung serat dan kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A,C,E, dan juga kaya akan antioksidan serta flavonoid. Kulit bawang juga bisa direbus bersama dengan kaldu untuk digunakan saat memasak nasi atau ditumbuk sampai halus, dan bisa ditambahkan pada masakan untuk menambah rasa.

2. Menjadi obat penyembuh

Farmer's Almanac menyarankan, membuat teh kulit bawang sebagai obat alami untuk menghilangkan kram otot atau membuat tidur lebih nyenyak. Dan juga bisa menggunakan kulit bawang yang direndam bersama dengan air.

Air rendaman tersebut bisa diaplikasikan pada kulit yang terasa gatal. Lapisan bening tipis pada kulit bawang juga bersifat antiseptik, sehingga bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka agar luka bisa cepat sembuh.

BACA: Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kolak Pisang untuk Kesehatan

3. Sebagai pewarna alami

Kulit bawang juga bisa menjadi pewarna alami. Menurut All Natural Dyeing, kulit bawang adalah salah satu zat pewarna alami termudah yang dapat kamu gunakan dan bagus untuk pemula. Anda bisa menggunakan kulit bawang putih atau merah untuk dijadikan pewarna dengan warna yang sedikit berbeda.

Untuk membuat pewarna kulit bawang, Anda bisa merebusnya selama setengah jam hingga 45 menit. Kemudian angkat kulitnya dan biarkan cairan mendingin beberapa sebelum digunakan untuk pewarna.

4. Sebagai perawatan rambut

Kulit bawang juga bisa menjadi pewarna rambut alami. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu merebus kulit bawang selama lebih dari satu jam pada air, kemudian biarkan semalaman.

Setelah itu aplikasikan cairan air kulit bawang pada rambut yang kering. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas dan keringkan. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan warna rambut cokelat keemasan.


(UWA)

Berita Terkait