Puluhan Hektar Jagung di Lamongan Ludes Dimakan Tikus

Kondisi jagung milik petani di Lamongan rusak akibat dimakan hama tikus. (metrotv) Kondisi jagung milik petani di Lamongan rusak akibat dimakan hama tikus. (metrotv)

LAMONGAN: Puluhan hektar tanaman jagung  di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur rusak parah akibat diserang hama tikus. Jagung yang berumur dua bulan ini habis tidak tersisa hingga membuat petani merugi hingga puluhan juta rupiah per hektarnya.

Hama tikus ini menyerang puluhan tanaman tanaman jagung milik para petani di Desa Gunungrejo, Kecamatan Kedungpring  sejak tiga pekan terakhir.

Tasmu, salah satu petani jagung mengatakan berbagai macam cara sudah dilakukan. Namun hama tikus ini sulit diberantas. Akibatnya, seluruh tanaman jagung petani habis dimakan.

BACA: Waspada Gelombang Tinggi 4-6 Meter, BMKG : Update Cuaca Sebelum Berlayar

Tanaman jagung yang sudah berusia dua bulan dan mulai berbuah ini rusak parah tinggal menyisakan batang bonggolnya. Kondisi ini membuat petani gagal panen.

"Serangan hama tikus sudah berlangsung tiga minggu ini. Merusak seluruh tanaman jagung dan gagal panen. Rugi Rp 10 juta setiap hektarnya, " keluhnya.

Para petani hanya bisa pasrah dan berharap kepada pemerintah untuk mencarikan solusi memberantas hama tikus ini agar petani tidak semakin merugi.


(TOM)

Berita Terkait