Cara Mengetik dengan 10 Jari dan Manfaatnya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bagi sebagian orang mengetik dengan 10 jari bukan perkara yang mudah dilakukan. Namun bukan berarti tak bisa pelajari. Hanya butuh kebiasaan yang meletakkan jari-jari yang tepat di keyboard saat mengetik.

Posisi Jari yang Tepat

Anda juga dapat menurunkan tingkat kesalahan dan meningkatkan kecepatan mengetik Anda secara bersamaan. Konsep dasar pengetikan cepat dijelaskan dengan cepat: Jari-jari Anda mengambil posisi awal yang tetap, dari mana Anda dapat mencapai tombol apa pun yang Anda butuhkan.

Jari kiri Anda diletakkan pada tombol A, S, D dan F. Jari kanan Anda berada pada tombol J, K, L dan titik koma. Jempol Anda ada di bilah spasi.

Setiap jari harus menekan beberapa tombol yang berbeda. Anda dapat menemukan posisi dasar tanpa melihat keyboard Anda. Tombol F dan J, tempat jari telunjuk Anda diletakkan, memiliki sedikit tonjolan. Ini adalah bagaimana Anda bisa merasakan di mana harus meletakkan jari telunjuk Anda, sisa jari Anda ditempatkan sesuai itu.

Keuntungan

Mengetik menggunakan metode 10 jari memiliki beberapa keuntungan yang meningkatkan pekerjaan sehari-hari Anda di komputer Anda, sebagaimana dikutip dari Typing Academy.

Baca juga : Tanpa Aplikasi, Begini Cara Convert YouTube to MP3

1. Kecepatan

Dengan menggunakan metode 10 jari secara tidak sadar Anda dapat meningkatkan kecepatan mengetik Anda secara signifikan, dengan kata lain Anda akan menghemat waktu yang berharga.

2. Efisiensi

Karena Anda tidak perlu fokus menekan tombol tunggal lagi, Anda dapat berkonsentrasi pada teks yang Anda tulis. Anda tidak perlu bolak-balik lagi, otak Anda menjadi lega dan dapat bekerja lebih efisien.

3. Ergonomi

Mata permanen pada keyboard mendukung postur yang tidak sehat di tempat kerja. Dengan menggunakan metode 10 jari, Anda tidak perlu melihat sekilas keyboard Anda setiap saat. Ini membantu Anda untuk duduk tegak dan dalam posisi yang baik.

 


(ADI)

Berita Terkait