Hari Bumi 2022, Berikut 4 Cara Mudah Menjaga Alam

Salah satu cara mudah menjaga alam adalah membersihkan lingkungan. Foto: Freepik Salah satu cara mudah menjaga alam adalah membersihkan lingkungan. Foto: Freepik

JAKARTA: Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April. Momen ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Selama ini, Bumi telah menyediakan segala sesuatu yang membuat kita tetap hidup. Sayangnya, Bumi semakin rusak akibat ulah manusia yang rakus.

Namun sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk menjaga alam. Dikutip dari Inibaru.id, simak cara-cara tersebut:

1. Biasakan memakai botol minum sendiri

Ada baiknya Anda lebih sering membawa botol minum sendiri alih-alih membeli botol minum saat haus. Sebab, botol-botol minuman yang Anda beli ini bisa bikin sampah plastik semakin bertambah.

Meski Anda membuangnya di tempat sampah, botol-botol plastik ini pada akhirnya hanya akan berakhir di tempat pembuangan sampah (TPA). Semakin lama, tumpukan ini semakin menggunung.

Dengan memakai botol minum sendiri, setidaknya Anda ikut andil dalam mengurangi sampah plastik. Selain itu, Anda juga bakal lebih berhemat karena tidak perlu lagi harus beli minuman saat di luar rumah.

BACA: Peringatan Hari Bumi, Google Doodle Bertema Perubahan Iklim

2. Menghemat konsumsi listrik

Jika ada lampu yang menyala di ruangan yang tidak terpakai, matikan saja lampunya. Hal yang sama juga berlaku pada peralatan listrik yang tidak digunakan seperti laptop, televisi, atau kipas angin.

Selain bisa membuat Anda lebih hemat tagihan listrik, hal ini juga bisa membantu menjaga alam lo. Maklum, di Indonesia masih banyak pembangkit listrik dengan sumber energi batu bara yang kurang ramah lingkungan.

Semakin banyak penggunaan listrik, semakin besar pula penggunaan batu bara. Untuk itu, sebaiknya gunakan peralatan listrik secukupnya.

3. Menanam di sekitar rumah

Bila di sekitar rumah Anda ada tanah kosong, sebaiknya tanam dengan tumbuh-tumbuhan. Kalau punya kebun, tanami juga dengan tumbuhan yang bisa menjaga kualitas dan kuantitas air.

BACA: Mudik Pakai Mobil Aman dan Nyaman, Perhatikan 3 Hal Ini

4. Membersihkan lingkungan

Jangan lagi deh membuang sampah atau limbah rumah tangga ke sungai. Selain itu, yuk mulai bersihkan sampah di tanah atau pekarangan rumah. Ingat, sampah-sampah ini bisa bikin tanah dan air tercemar.


(UWA)

Berita Terkait