Sering Tak Terpikir, Ini 5 Cara Sederhana Membangun Mental Anak di Rumah

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS: Kesehatan mental anak sering terabaikan pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Padahal tekanan mental anak-anak juga tidak kalah beratnya dengan orang dewasa.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk adalah dengan membangun suasana rumah yang positif. Cara ini sebenarnya cukup mudah, namun sebenarnya terlupa.

Psikolog Anak, Fathya Artha Utami membagi tips untuk membangun suasana rumah yang positif dan nyaman, sehingga bisa menjaga kesehatan mental anak.

1. Jaga Keseimbangan Keluarga dan Pekerjaan

"Pandemi mendorong lebih banyak orang tua bekerja dari rumah, sehingga menjaga produktivitas sambil mengasuh anak bisa menjadi tantangan tersendiri,” ujar Fathya dalam acara Virtual Media Briefing Tokopedia, pada Kamis, 22 Juli 2021.

BACA: Rayakan Hari Anak, Jokowi Ditanya Bocah SD, Jadi Presiden Ngapain Aja?

Menurut Fathya, orang tua perlu saling berkompromi setiap hari atas peran dan tugas yang dijalani. Tentukan mana yang menjadi prioritas dan kapan saatnya perlu fokus ke keluarga.

2. Kenali Tanda Anak Sedang Stres

Menurut Fathya, banyak anak mengalami stres karena tekanan yang terjadi di rumah selama pandemi. Perubahan perilaku dan emosional serta adanya keluhan fisik pada anak adalah beberapa ciri stres yang bisa dialami anak-anak.

3. Komunikasikan Emosi

Kepekaan orang tua untuk mendeteksi perilaku stres pada anak sangat dibutuhkan demi menjaga kesehatan mental keluarga. Caranya kalian bisa mengomunikasikan emosi dengan anak secara jujur agar kita tahu kebutuhan mereka.

Dengan mengomunikasikan secara jujur, orang tua dan anak akan dapat menyusun strategi untuk saling menenangkan emosi yang dirasakan. Pahami juga bahwa semua emosi yang dirasakan itu benar dan diterima.

4. Dampingi Anak Kelola Emosi

Sama halnya dengan orang tua, selama pandemi, anak pun bisa merasakan sedih, takut, tidak aman dan frustrasi. Bedanya, orang tua lebih mampu untuk mengelola dan mengekspresikan emosi.

“Untuk itu, orang tua perlu mendampingi anak dalam mengelola emosi dengan metode HADIR: Hadapi dengan tenang, Anggap semua perasaannya penting, Dengarkan tanpa distraksi, Ingat untuk bantu menamai emosi anak dan Rembukan opsi, batasan serta solusi masalah,” tutur Fathya.   

5. Pentingnya Relaksasi

Meditasi atau memakai masker wajah bersama keluarga bisa menjadi kegiatan menyenangkan di akhir pekan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan essential oil yang bisa membantu dalam menenangkan pikiran.

 


(TOM)

Berita Terkait