Peringati Hari Anak Nasional, Camkan 4 Pilar Tumbuh Kembang Ini!

Ilustrasi - Anak sedang bermain. ANTARA/Wuryanti Puspitasari. Ilustrasi - Anak sedang bermain. ANTARA/Wuryanti Puspitasari.

Jakarta: Pakar kesehatan Prof Soedjatmiko mengatakan Hari Anak Nasional (HAN) merupakan kesempatan baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui empat pilar. HAN diperingati setiap 23 Juli.

"HAN momentum yang tepat untuk mengingatkan semua pihak agar terus mengoptimalkan tumbuh kembang anak,” katanya, dikutip dari Antaranews.com, Selasa, 19 Juli 2022.

Semua pihak yang dimaksud meliputi keluarga, lingkungan masyarakat, tenaga pendidik, hingga tenaga kesehatan. Menurutnya, ada empat pilar yang perlu diperhatikan dalam tumbuh kembang anak.

Pilar pertama adalah nutrisi. Maksudnya adalah orang tua perlu memperhatikan nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan anak.

"Hal ini penting untuk menyusun struktur otak dan organ lain seperti mata, telinga, otak, otot, tulang, juga sistem kekebalan tubuh anak," kata Soedjatmiko.

Kemudian, pilar kedua adalah stimulasi. Orang tua perlu memberikan anak stimulasi guna mengaktifkan fungsi-fungsi otak dan organ lainnya. Dengan cara mengajak bermain, berbicara, dan meniru.

Pilar ketiga adalah proteksi. Orang tua perlu memberikan perlindungan kepada anak dari penyakit, cedera, kekerasan, dan eksploitasi.

"Orang tua juga perlu membiasakan pola hidup bersih, sehat, dan menerapkan protokol kesehatan di rumah serta memberikan anak imunisasi rutin,” kata dia.

Dan pilar keempat adalah evaluasi. Orang tua perlu mengevaluasi proses tumbuh kembang sang anak.

"Keempat pilar tersebut perlu diperhatikan saksama dan bersama oleh semua pihak untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak," kata Soedjatmiko.


(SUR)

Berita Terkait