Bintang Tinju Manny Pacquiao Nyapres di 2022

Bintang tinju Manny Pacquiao (Foto / Istimewa) Bintang tinju Manny Pacquiao (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Bintang tinju Manny Pacquiao (42) mengumumkan akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Filipina tahun depan.  Salah satu faksi partai berkuasa, PDP-Laban, sepakat untuk mengusungnya sebagai calon presiden dalam sidang majelis nasional yang digelar, Minggu 19 September 2021.

"Saya seorang pejuang dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring," kata Pacquiao, dikutip dari Reuters.

Pacquiao merupakan atlet tinju profesional peraih gelar juara dunia. Dia merupakan petinju Asia pertama yang meraih gelar juara dunia di delapan kelas berbeda. Pada Juli, Pacquiao terpilih sebagai pemimpin salah satu faksi di PDP-Laban hanya beberapa pekan setelah perseteruannya dengan Presiden Rodrigo Duterte.

Pacquiao menyabut Duterte terlalu lembek dengan China soal sengketa Laut China Selatan serta menuduh pemerintahannya korup. Sementara itu Duterte yang diusung faksi lainnya di PDP-Laban juga akan maju dalan pemilihan mendatang, tapi sebagai wakil presiden. Aturan di Filpina tak membolehkan presiden menjabat dua periode, melainkan hanya satu untuk masa jabatan 6 tahun.

 


(ADI)

Berita Terkait