10 Pengawas TPS di Situbondo Jatuh Sakit Akibat Kelelahan Bertugas

Pengawas TPS di Situbondo, Jawa Timur, mendapatkan penanganan medis di rumah sakit. ANTARA/HO-Foto Bawaslu Situbondo Pengawas TPS di Situbondo, Jawa Timur, mendapatkan penanganan medis di rumah sakit. ANTARA/HO-Foto Bawaslu Situbondo

Situbondo: Sebanyak 10 orang pengawas tempat pemungutan suara (P-TPS) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, jatuh sakit karena kelelahan saat bertugas. Bahkan seorang di antaranya harus menjalani perawatan medis di rumah sakit.


Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Ahmad Faridl Ma'ruf mengatakan bahwa pengawas TPS banyak jatuh sakit karena kelelahan bertugas melakukan pengawasan di tempat pemungutan suara (TPS).


"Kerja pengawas TPS ini diforsir karena selama dua hari yakni mulai H-1 hingga hari pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024," ujarnya dikutip dari Antara pada Jumat, 16 Februari 2024. 


Menurut Faridl, seluruh pengawas TPS yang jatuh sakit tersebut rata-rata mengalami kejang hingga pingsan. Namun, mereka memilih kembali tetap bekerja karena dianggap sebuah tanggung jawab. Kecuali Fari Nurmahaliana (28) yang bertugas di TPS 15 Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan.


"Fari Nurmahaliana sampai malam ini masih dirawat di rumah sakit untuk pemulihan," kata dia.


Karena semua pengawas terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka semua biaya pengobatan diklaimkan ke BPJS Ketenagakerjaan, sebagai kompensasi sebagai peserta.


"Alhamdulillah semua biaya ditanggung BPJS Ketenagakerjaan, karena kami sudah melakukan MoU dengan mendaftarkan semua pengawas TPS sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya.


(SUR)

Berita Terkait