Surabaya Berpotensi Hujan Disertai Petir Hari Ini

Suasana ketika Kota Surabaya mendung tebal dan hujan mengguyur sebagian wilayah Kota Pahlawan. (ANTARA/Fiqih Arfani) Suasana ketika Kota Surabaya mendung tebal dan hujan mengguyur sebagian wilayah Kota Pahlawan. (ANTARA/Fiqih Arfani)

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan hujan mengguyur mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Kamis ini, 11 Januari 2024. Surabaya menjadi salah satu kota yang diprakirakan akan diguyur hujan disertai petir

Melansir dari Antara, berdasarkan laman web resmi BMKG pada Rabu, melaporkan bahwa sejumlah wilayah seperti Medan, Bengkulu, DKI Jakarta, Pontianak, Palangkaraya, Kupang, Gorontalo, Mamuju, dan Manokwari akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Sementara hujan dengan intensitas sedang diprediksikan akan turun di Tanjung Pinang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, dan Kendari. Sejumlah wilayah seperti Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Surabaya, Banjarmasin, Mataram, dan Manado diperkirakan akan diguyur hujan disertai petir.

Sementara itu, cuaca berawan diperkirakan bakal menyelimuti sejumlah wilayah seperti Jambi, Ternate, dan Jayapura. Sedangkan awan yang lebih tebal diperkirakan bakal menyelimuti Pekanbaru dan Samarinda.

Cuaca cerah berawan diperkirakan hanya terjadi di wilayah Banda Aceh, Denpasar, dan Ambon. Kemudian Tarakan diperkirakan menjadi satu-satunya kota besar di Indonesia yang diliputi cuaca cerah, dengan suhu udara berkisar 26-33 derajat celcius.

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya telah merilis Climate Outlook 2024 yang dapat digunakan oleh kementerian atau lembaga, pemerintah daerah (pemda) dan semua pihak terkait.

Dwikorita mengatakan Climate Outlook 2024 bisa menjadi salah satu panduan untuk perencanaan dan kegiatan pembangunan pada sektor yang terkait atau terdampak oleh fenomena iklim.

Ia juga menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2024 gangguan iklim dari Samudra Pasifik yaitu ENSO (El Nino-Southern Oscillation) diperkirakan akan berada pada fase El Nino Lemah-Moderat pada awal tahun 2024, kemudian selanjutnya hingga akhir tahun 2024 diprediksi berada pada fase Netral.


(SUR)

Berita Terkait