Jarang Ada Yang Tahu, 4 Sosok Aktor yang Sering Muncul di TV Ini Ternyata Anggota TNI

Deretan aktor Indonesia yang memiliki latar belakang prajurit TNI (Foto / Istimewa) Deretan aktor Indonesia yang memiliki latar belakang prajurit TNI (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Jalan hidup seseorang kadang tak bisa ditebak. Termasuk juga ketika seseorang akhirnya memutuskan menggeluti bidang yang sangat kontras dari sebelumnya. Seperti halnya 4 artis tanah air berikut ini. Mereka memilih untuk banting setir dari seorang tentara menjadi artis.

1. Tessy Srimulat

Komedian pemilik nama asli Kabul Basuki ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai pelawak yang mengenakan pakaian perempuan. Tergabung dalam Srimulat, Tessy selalu sukses menghadirkan tawa. Tapi siapa sangka bahwa seorang Tessy dulunya adalah mantan anggota Korps Komando Operasi (KKO) atau sekarang Korps Marinir di TNI Angkatan Laut. Tessy sempat terlibat Operasi Trikora untuk pembebasan di Irian Barat pada tahun 1962 sampai 1963.

2. Amoroso Katamsi

Amoroso Katamsi dikenal dengan perannya sebagai Jenderal Soeharto dalam film Penumpasan Pengkhianatan G30SPKI garapan Arifin C. Noer pada tahun 1984. Selain film tersebut, Amoroso Katamsi juga pernah memerankan tokoh yang sama yakni Soeharto dalam film Djakarta 1966 dan Dibalik 98.

Dunia persinetronan televisi juga dia jajaki, salah satunya adalah Si Doel Anak Sekolahan tahun 1997. Di balik kesuksesannya sebagai aktor Indonesia, Ayah dari musisi Dodie Katamsi ini sebelumnya adalah Anggota TNI Angkatan Laut dengan pangkat terakhir Laksanama Pertama atau Bintang 1. Amoroso Katamsi telah berpulang kepada Sang Pencipta 17 April 2018 lalu.

Baca Juga : Tak Kalah dengan Luar Negeri, 6 Film Animasi Indonesia Ini Diakui Dunia

3. Kris Biantoro Kris Biantoro

Kris Biantoro lahir pada 17 Maret 1938 di Magelang. Dia adalah veteran kemerdekaan Republik Indonesia yang terlibat dalam Operasi Trikora. Kris Biantoro juga merupakan seorang aktor legendaris Indonesia yang sudah banyak membintangi judul film tahun 70-an seperti Si Manis Jembatan Ancol (1973) dan Bulan di Atas Kuburan (1973).

Kris juga dikenal sebagai penyanyi. Lagu-lagu miliknya antara lain Mungkinkah, Juwita Malam, dan Jangan Ditanya Kemana Aku Pergi. Indonesia berduka 13 Agustus 2013 silam atas kepergian seniman Kris Biantoro.

4. Kaharuddin Syah

Satu lagi seorang TNI Angkatan Laut dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel, akhirnya terjun ke dunia peran, dia adalah Kaharuddin Syah. Kaharuddin Syah dikenal sebagai aktor yang aktif menghiasi perfilman Indonesia. Seperti misalnya film Letnan Harahap (1977) yang disutradarai oleh Sophan Sophiaan. Antara lain Naga Bonar (1986), Catatan Si Boy (1987), dan Dalam Mihrab Cinta (2010). Aktor kelahiran Tebing Tinggi ini tutup usia pada 12 Maret 2012.

 


(ADI)

Berita Terkait