Tak Kalah dengan Luar Negeri, 6 Film Animasi Indonesia Ini Diakui Dunia

Si Juki menjadi salah satu film animasi Indonesia yang mendunia (Foto / Istimewa) Si Juki menjadi salah satu film animasi Indonesia yang mendunia (Foto / Istimewa)

SURABAYA :  Tak kalah buatan luar negeri, industri film animasi Indonesia juga banyak diakui dunia. Karya anak bangsa ini mendapatkan penghargaan di berbagai festival film. Salah satunya, Battle of Surabaya yang memenangkan tiga penghargaan internasional sekaligus.

Film itu mengusung semangat patriotisme dan perjuangan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Selain Battle of Surabaya, ada sejumlah film animasi lain yang diakui dunia, berikut daftarnya.

1. Si Juki the Movie (2017)

Si Juki the Movie masuk kedalam jajaran film animasi Indonesia yang mendunia. Film ini menceritakan, Si Juki sebagai seorang selebriti terkenal. Suatu hari dia melakukan kesalahan sehingga membuatnya dimusuhi banyak orang. Film ini diadaptasi dari komik berjudul sama dan diproduksi untuk layar lebar oleh Falcon Picture.

Pada 2018, Si Juki the Movie meraih penghargaan Piala Citra untuk kategori Film Animasi Terbaik dan mendapat kesempatan kolaborasi bersama Spongebob Squarepants. Film animasi Si Juki the Movie disutradarai Faza Meonk. Sederet aktris dan aktor tercatat berpartisipasi sebagai pengisi suara seperti Bunga Citra Lestari, Indro Warkop. Dan Butet Kertaradjasa.

2. Battle of Surabaya (2015)

Film Battle of Surabaya menceritakan petualangan anak 13 tahun penyemir sepatu bernama Musa. Dia memiliki semangat patriot dan cinta damai yang religius. Suatu hari Musa beralih profesi menjadi kurir.

Dia kurir istimewa karena menyampaikan surat-surat rahasia tentang strategi perang. Dari pekerjaannya itu, dia menjadi perantara untuk keberhasilan para pejuang kemerdekaan. Film Battle of Surabaya diproduksi oleh MSV Pictures dan mengadopsi sejarah peristiwa perang 10 November di Surabaya.

Film ini memperoleh tiga penghargaan internasional yaitu International Movie Trailer Fetival 2013, Seoul International Cartoon & Animation Festival 2016, dan Filmmaker Festifal of World Cinema 2018.

Baca Juga : Ini 5 Motif Batik Terpopuler di Indonesia

3. Meraih Mimpi (2008)

Meraih Mimpi adalah film animasi musikal pertama asal Indonesia yang mengadopsi film Sing to the Dawn. Film tersebut dirilis tahun 2008 dan diproduksi oleh Infinite Frameworks, studio animasi yang berbasis di Batam dengan bantuan dana dari pemerinstah Singapura. Bantuan Singapora ini dikarenakan Sing to the Dawn adalah novel yang sangat populer di Singapura.

Setelah diadopsi menjadi film, Sing to the Dawn tayang di Singapura, Korea Selatan, Malaysia, dan Rusia. Film ini bahkan pernah tayang di Busan International Film Festival dan American Film Market.

4. Candy Monster (2020)

Film animasi pendek Candy Monster merupakan karya UMN Pictures yang pernah tayang di Zlin Film Festival ke-60 di Ceko. Film animasi Candy Monster menceritakan tentang seorang anak bernama Chloe yang sangat menyukai permen. Tapi, sang nenek mempunyai aturan ketat yang harus dipatuhi olehnya.

Suatu hari, Chloe mencoba melanggar peraturan. Tapi, ternyata ia dihantui kawanan monster yang akan mencuri permen-permen miliknya. Candy Monster diproduksi selama dua tahun dari 2017 sampai 2019 dan akhirnya lolos tayang di gelaran festival film.

5. Kiko and Friends (2016)

Film animasi berjudul Kiko and Friends berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Film animasi ini bercerita mengenai petualangan dalam air, ikan mas koki yang bermutasi. Film ini diproduksi oleh MNC Animation pada tahun 2016 dan pernah mendapatkan penghargaan Asian Academy Creative Award 2019. Selain itu, "Kiko and Friends" telah ditayangkan di lebih dari 56 negara di dunia.

6.Knight Kris (2017)

Film Knight Kris adalah film animasi dari Indonesia yang mendunia. Film ini bercerita tentang anak kecil yang bertualang untuk mencari lima keris yang terpisah. Film ini sukses berhasil memenangkan banyak pernghargaan seperti Piala Maya 2017 kategori Film Animasi Layar Lebar Terpilih 2017, penghargaan internasional Cartoon on Bay di Italia, penghargaan di London Independent Film Awards, Inggris, dan pemenang ajang Calcutta Film Festival di India.

Pengisi suara film animasi dari Indonesia yang mendunia ini adalah Kaesang Pangarep, Deddy Corbuzier, dan Chika Jessica.

 


(ADI)

Berita Terkait