Janji Bonek Jelang Piala Menpora; Jauhi Stadion!

Bonek wanita (bonita) saat mendukung Persebaya di Stadion GBT Surabaya. (ft/clicks) Bonek wanita (bonita) saat mendukung Persebaya di Stadion GBT Surabaya. (ft/clicks)

SURABAYA: Jelang bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021, suporter fanatik Persebaya, Bonekmania menegaskan komitmen untuk mematuhi peraturan. Salah satunya, tidak datang ke stadion!

Komitmen itu terucap dari beberapa perwakilan komunitas tribun. Green Nord lewat koordinatornya, Husein Gazali menyatakan siap untuk tidak datang ke stadion. Faktor keamanan di tengah kondisi pandemi menjadi perhatian komunitas penghuni tribun utara tersebut.

"Komitmen kita soal kemanusiaan tidak main-main, kalau memang peraturannya (dilarang ke stadion) seperti itu ya kita siap. Mau main di mana pun ya kita tidak akan datang ke stadion. Justru tim Persebaya yang harus siap untuk main di mana pun’’ kata pria yang akrab disapa Cak Cong itu.

Selain itu, Green Nord juga telah melakukan berbagai kampanye penaggulangan penyebaran virus Covid-19 sejak awal pandemi tahun lalu. Mulai dari pembagian masker, penyemprotan disinfektan hingga himbauan kepada masyarakat soal bahaya virus Corona.

"PSSI maupun LIB tidak khawatir dengan komitmen Bonek untuk menjaga protokol kesehatan. Teman-teman Bonek sudah lebih paham. Saya yakin teman-teman tau apa yang harus dilakukan. Agar pramusim ini berjalan lancar," imbuhnya.

Namun, pria yang juga memiliki usaha warung kopi tersebut tidak ingin klub dan suporter terus yang dituntut untuk disiplin. Sedangkan federasi dan operator hanya melemparkan tanggung jawab.

"Kita komitmen sejak awal sudah komitmen untuk menekan angka penularan. BNPB sampai satgas Covid-19 nasional juga percaya sama Bonek dan menjadikan kita partner. Yang paling penting ada aturan yang jelas dulu, jangan yang disalahkan hanya klub dan suporternya," tandasnya.

Senada, koordinator Tribun Kidul, Devara Noumanto mengatakan jika komunitasnya juga sudah memberikan edukasi terkait larangan pergi ke stadion. Karena sebagai suporter mereka ingin mensukseskan kegiatan sepak bola Indonesia yang telah lama vakum.

"Poinnya kita siap mensukseskan dan mengawal kegiatan sepak bola selama pandemi. Semua demi kelangsungan sepak bola dan klub tercinta," terang Sinyo, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Piala Menpora sudah mengantongi ijin dari Polri untuk digelar.  Namun ada beberapa persyarataan. Salah satunya, pertandingan digelar tanpa penonton. Rencananya, turnamen pramusim ini akan digelar di empat kota. Salah satunya, Malang yang menjadi rival bebuyutan Bonek.


(TOM)

Berita Terkait