Ziarah Makam Pencetus Nama Nahdlatul Ulama, Anies Baswedan Kagumi Sosok KH Mas Alwi

 Anies Baswedan  berziarah ke makam pencetus nama Nahdlatul Ulama (NU), KH Mas Alwi di Tambakrejo, Simokerto, Surabaya, Sabtu, 18 Maret 2023/metrotv Anies Baswedan berziarah ke makam pencetus nama Nahdlatul Ulama (NU), KH Mas Alwi di Tambakrejo, Simokerto, Surabaya, Sabtu, 18 Maret 2023/metrotv

SURABAYA: Bakal calon presiden (bacapres), Anies Baswedan  berziarah ke makam pencetus nama Nahdlatul Ulama (NU), KH Mas Alwi di Tambakrejo, Simokerto, Surabaya, Sabtu, 18 Maret 2023.

Bacapres yang diusung Partai Nasdem itu menyebut KH Mas Alwi merupakan sosok tokoh yang tidak pernah lupa dengan Tanah Airnya. KH Mas Alwi  diketahui sering berkeliling dunia dalam waktu lama.

"KH Mas Alwi ini sempat berkeliling keluar Indonesia agak panjang, cuman karena pengalaman itulah beliau bisa berkarya dengan luar biasa. KH Mas Alwi ini adalah orang yang mencetuskan nama Nahdlatul Ulama (NU)," kata Anies.

Dengan berziarah ini, Anies mengaku untuk menghormati dan mengenang perjuangan Kiai Mas Alwi, dalam merebut kemerdekaan kala itu. Anies berulangkali mengaku kagum dengan Kiai Mas Alwi.

BACA: Mlaku-mlaku Nang Tunjungan, Warga Surabaya Berebut Selfie dengan Anies Baswedan

Anies menyebut bahwa banyak hal yang bisa dipelajari dari kisah dan sejarah yang diukir oleh KH Mas Alwi. Dia mengaku kagum kepada sosok KH Mas Alwi, karena semasa hidup sering keliling dunia, tapi tidak pernah lupa dengan Tanah Air.

"Kami ziarah ke sini untuk menghormati, dan memberikan pesan kepada semuanya, kepada diri kita semuanya, bahwa karya-karya yang kita hasilkan itu punya dampak yang panjang, dan salah satunya adalah KH Mas Alwi," katanya.

Sebelum memasuki area makam, Anies sempat membeli bunga tabur di depan area makam. Di sana, warga yang mengetahui langsung mengejar dan berebut salaman dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Baru ini saya ketemu langsung sama Pak Anies. Seneng, orangnya murah senyum ternyata," kata Supriyadi, warga setempat.

Senada, Pujiati juga mengaku tak menyangka bisa bertemu langsung dengan Anies. "Seneng ketemu Pak Presiden langsung. Tapi ya malu dorong ados (belum mandi),"  kata dia sembari tersipu.

 


(TOM)

Berita Terkait