Inggris Tekuk Ceko, Ini Klasmen Akhir Grup D EURO 2020

Raheem Sterling Raheem Sterling

CLICKS: Inggris memastikan lolos 16 besar Euro 2020 usai mengalahkan Republik Ceko dengan skor tipis, 1-0  di Stadion Wembley, London, Rabu 23 Juni 2021. Satu-satunya gol Inggris dicetak Raheem Sterling di menit 12. 

Kemenangan ini membuat Inggris lolos dengan status juara Grup D. Sementara Rep Ceko, meski kalah juga melangkah ke 16 besar sebagai salah satu peringkat tiga terbaik. 

Bermain di depan pendukungnya, langsung menggebrak di menit ke 2. Upaya Sterling yang menerima umpan jauh Luke Shaw masih membentur tiang gawang Ceko yang dikawal Tomas Vaclik.

Gol bagi Inggris tercipta di menit 12. Rahem Sterling kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan Peter Grealish di sisi kanan pertahanan Ceko. 

 
Unggul 1-0, Inggris terus menjaga ritme permainan. Kapten Harry Kane nyaris menambah keunggulan Inggris di menit 26. Usai mengecoh bek kanan Ceko, sepakan kaki kanannya di kotak penalti masih bisa diblok Vaclik dengan kakinya.

embed
 
Semenit berselang Ceko merespons dengan cepat. Holes yang tanpa pengawalan sedikit di luar kotak penalti, langsung melepaskan tembakan keras kaki kanan. Bola yang sedikit melengkung masih bisa ditepis Pickford.
 
Upaya Ceko menyamakan kedudukan kembali didapat. Kali ini melalui Soucek di menit 29. Memanfaatkan bola muntah dari sepakan Jancto, Soucek langsung melepaskan tembakan kaki kanan. Sayang, bola masih melenceng tipis dari gawang Pickford. Hingga turun minum, skor masih tetap 1-0 untuk Inggris.
 
Babak kedua,  Southgate melakukan pergantian di lini tengah dengan memasukkan Jordan handerson. Hingga pertengahan babak kedua tak ada ancaman berarti kedua tim.
 
Raheem Sterling pun ditarik keluar dan digantikan Marcus Rashford untuk menambah ketajaman Inggris. Laga kedua tim banyak berkutat di lini tengah dan belum ada yang menbahayakan gawang.
 
Sementara Jaroslav Silhavy juga menarik pencetak gol Ceko di laga-laga sebelumnya, Patrik Schick. Penggantinya adalah Tomas Pekhart dan tentunya untuk menyegarkan lini serang Ceko.
 
Untuk menjaga stabilitas di lini tengah Inggris, Southgate kemudian menarik pemain belia Bukayo Saka yang bermain gemilang di lini tengah Inggris, dengan pemain 21 tahun, Jadon Sancho.
 
Sempat menganulir gol Jordan Handerson di pengujung babak kedua, wasit Artur Diaz dari Portugal akhirnya meniup peluit panjang tanda berahirnya laga. Skor tetap 1-0 untuk kemenangan Inggris.
 
Di laga lainnya, Kroasia sukses menghancurkan Skotlandia 3-1 di Hampden Park. Kroasia mendampingi Inggris ke 16 besar. Poin Kroasia sama dengan Ceko, hanya Luka Modric dkk unggul selisih gol.
 


(TOM)

Berita Terkait