Adik Gus Dur, Gus Sholah Wafat

KH. Salahudin Wahid (Gus Solah). Foto: Antara/Syaiful Arif KH. Salahudin Wahid (Gus Solah). Foto: Antara/Syaiful Arif
Jakarta: Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Salahuddin Wahid (Gus Sholah) wafat. Gus Sholah menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, sekitar pukul 20.55 WIB.

"Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20.55 WIB. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu," ujar putra Gus Sholah, Irfan Wahid (Ipang Wahid), Jakarta, Minggu, 2 Februari 2020.

Gus Sholah sudah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita. Adik dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu sempat menjalani operasi karena masalah pada selaput jantungnya. 

Selepas operasi kondisi Gus Sholah terus menurun. Dia bahkan harus melewati masa-masa kritis sebelum akhirnya wafat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Gus Sholah dikenal sebagai ulama karismatik. Gus Sholah merupakan tokoh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan cucu dari pendiri NU, Kiyai Haji Hasyim Asy'aari.

Gus Sholah juga pernah malang melintang di dunia perpolitikan Tanah Air. Dia bahkan pernah maju sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan mantan Panglima ABRI Wiranto. Namun, keduanya kalah di putaran pertama Pilpres 2004.

Gus Sholah juga dikenal aktif di bidang hak asasi manusia. Dia pun pernah menjabat sebagai wakil ketua Komnas HAM.


(IDM)

Berita Terkait