Dekat Makam Gus Dur, Gus Sholah Dikebumikan

Gus Sholah akan dimakamkan di sisi barat pusara Gus Dur. (Foto: Medcom.id/Amaluddin) Gus Sholah akan dimakamkan di sisi barat pusara Gus Dur. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
Jombang: Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, KH Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah tutup usia. Jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di sisi barat pusara kakaknya, Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Rencananya, Gus Sholah dikebumikan pada Senin sore, 3 Februari 2020, sekitar pukul 16.00 WIB. Liang lahatnya berada persis di sebelah utara makam KH Wahid Hasyim, ayah Gus Sholah yang merupakan Menteri Agama (Menag) pertama Indonesia.

Sedangkan di sisi timur, terdapat makam salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari. Makam Gus Sholah akan berada di dalam kawasan Pondok Pesantren Tebuireng.

Wakil Ketua Pondok, Selamet Habib, mengatakan, penentuan lokasi makam telah diputuskan melalui musyawarah keluarga. 

"Setelah musyawarah, kami lihat yang memungkinkan makam Gus Sholah di sebelah baratnya Gus Dur," kata Selamet.

Menurut Selamet, Gus Sholah tidak pernah berpesan terkait pemakamannya. Baik kepada keluarga maupun anak-anaknya. 

"Yang jelas beliau tidak pernah berwasiat kepada keluarga, sehingga keluarga musyawarah untuk menentukan lokasi makamnya," jelas dia.

Gus Sholah wafat pada usia 77 tahun, di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, sekitar pukul 20.55 WIB, Minggu, 2 Februari 2020. Ia mengembuskan napas terakhir lantaran sakit.


(IDM)

Berita Terkait