Keluarga Tak Ingin Kopda Dwi Purnowo Disemayamkan di Makam Pahlawan

Kopda Dwi Purnomo diiringi prajurit TNI  saat menuju ke peristirahatan terakhir Kopda Dwi Purnomo diiringi prajurit TNI saat menuju ke peristirahatan terakhir

MAGETAN : Setelah disholatkan, jenazah Kopda Anumerta Dwi Purnomo diarak ke tempat pemakaman umum (TPU) Magetan, Selasa 18 Februari,2020.   Prosesi pemakaman prajurit yang gugur dalam tugas itu dilakukan secara militer. Keluarga yang mengiringi nampak sangat kehilangan.

Jenazah diangkut menggunakan mobil ambulan dari rumah duka menuju pemakaman. Proses serah terima jenazah itu dipimpin langsung oleh Dandim 0804 Magetan, Letkol CZI Chotman J Arisandi.

Setelah tiba di pemakaman, jenazah disambut puluhan prajurit TNI. Suara tembakan senjata api laras panjang mengiringi jenazah saat hendak dimasukkan ke liang lahat.

Letkol CZI Chotman J Arisandi mengatakan korban pantas dimakamkan di makam pahlawan lantaran gugur dalam menjalankan tugas.Hanya saja,keluarga korban menolak dan tetap ingin jika Kopda Dwi dimakamkan di TPU saja.
"Korban gugur dalam misi, meski tak di makam pahlawan, kami tetap memberikan penghormatan terakhir untuk korban," ungkapnya.

Selain di makamkan secara militer, pangkat Kopda Dwi Purnomo juga dinaikkan. Sebelumnya, Praka menjadi Kopda. Dalam proses pemakaman itu, istri korban nampak sangat kehilangan. Kopda Dwi meninggalkan istri dan satu orang anak.

Kopda Dwi merupakan salah satu dari 13 prajurit yang gugur dalam tugas. Helikopter CN 235 yang mereka tumpangi jatuh di daerah pegunungan Oksibil, Papua 28 Juni 2019 lalu. Korban ditemukan setelah enam bulan masa pencarian.  


(ADI)

Berita Terkait