Tanamkan Jiwa Pancasila, Warga Kampung Bawang Kenakan Ikat Kepala Merah Putih

Warga Kampung Bawang di Probolinggo mengenakan ikat kepala merah putih di hari lahir Pancasila. (metrotv) Warga Kampung Bawang di Probolinggo mengenakan ikat kepala merah putih di hari lahir Pancasila. (metrotv)

PROBOLINGGO: Jiwa kebangsaan begitu melekat di hati warga 'Kampung Bawang Merah' Kota Probolinggo, Jawa Timur. Terbukti, memperingati hari lahirnya Pancasila, mereka mengenakan  pita merah putih di kepala.   

Seperti hari biasanya, warga kampung bawang merah di Jalan Amir Hamzah, Kelurahan Kedung Asem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo tetap beraktifitas pada Selasa, 1 Juni 2021.  

Puluhan warga tampak melakukan proses pembersihan bawang dan protol bawang. Namun yang berbeda, mereka mengenakan pita merah putih di kepalanya. Mulai perempuan dan pria.

BACA: Tabur Bunga di Makam Bung Karno, Pangdam: Pancasila Perekat Bangsa

Selain itu, di sekitar lokasi mereka bekerja, bendera merah putih juga sengaja dikibarkan. Tidak itu saja, jiwa Pancasila masih tertanam lekat pada warga kampung bawang merah ini.

Meski sudah tidak lagi muda, sebagian besar warga kampung masih  hafal lima sila Pancasila. Dengan cara ini, generasi penerus tetap bisa menerapkan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari–hari.

"Kami sengaja memakai pita merah putih di kepala untuk memperingati hari lahir Pancasila. Semoga ini bisa terus dilestarikan oleh anak-anak kita, " ujar Kusumawati, warga  yang bekerja sebagai tukang proses bawang merah ini.  

Sementara Wage Adi Sosro, pengusaha bawang merah mengatakan warga kampung bawang merah selalu aktif dalam kegiatan kebangsaan. Salah satunya, peringatan hari 17 Agustus dan hari-hari besar lainnya.

 


(TOM)

Berita Terkait